Efektivitas pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing bermuatan multi-level representasi terhadap hasil belajar peserta didik

Yuliani, Farika Rizki (2022) Efektivitas pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing bermuatan multi-level representasi terhadap hasil belajar peserta didik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708076037_Farika_Rizki_Yuliani] Text (Skripsi_1708076037_Farika_Rizki_Yuliani)
Skripsi_1708076037_Farika_Rizki_Yuliani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Peserta didik di kelas XII MIPA 4 mengaku mengalami kesulitan pada mata pelajaran kimia terutama pada materi kesetimbangan kimia. Kurangnya pemahaman peserta didik terhadap konsep materi yang disampaikan, menyebabkan peserta didik cenderung menghafal rumus-rumus yang ada. Selain itu, pendekatan yang diterapkan oleh pendidik bersifat teacher centered learning (TCL) menyebabkan peserta didik cenderung pasif selama mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing bermuatan multi-level representasi terhadap hasil belajar peserta didik di SMAN 1 Cepiring pada materi kesetimbangan kimia dan mengetahui respon peserta didik setelah diterapkannya pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing bermuatan multi-level representasi pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini menggunakan rancangan Posttest Only Control Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing bermuatan multi-level representasi dan variabel terikatnya merupakan hasil belajar peserta didik pada materi kesetimbangan kimia. Pembelajaran pada kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol menggunakan metode ceramah sedangkan pada kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing bermuatan multi-level representasi. Pendekatan inkuiri terbimbing bermuatan multi-level representasi efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi kesetimbangan kimia. Rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen sebesar 92,2 lebih tinggi dari rata-rata kelas kontrol sebesar 77,89. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai tersebut menunjukkan jika H1 diterima atau inkuiri terbimbing dengan multi-level representasi efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi kesetimbangan kimia di SMAN 1 Cepiring. Respon peserta didik setelah diterapkannya pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing bermuatan multi-level representasi sangat positif. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata angket respon peserta didik sebesar 96,87%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Inkuiri terbimbing; Multi-Level Representasi; Hasil Belajar; Peserta didik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 25 Oct 2022 02:37
Last Modified: 25 Oct 2022 02:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17455

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics