Sistem manajemen laboratorium fisika SMA/MA di Kendal

Arifah, Dewi Nur (2022) Sistem manajemen laboratorium fisika SMA/MA di Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503066035_Dewi_Nur_Arifah] Text (Skripsi_1503066035_Dewi_Nur_Arifah)
Skripsi_1503066035_Dewi_Nur_Arifah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sistem manajemen laboratorium fisika dan kendalanya pada SMA/MA di Kendal. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sample. Data penelitian merupakan data kualitatif, didasarkan pada beberapa komponen manajemen laboratorium fisika, yaitu:
(1) Perencanaan; (2) Pengorganisasian; (3) Pelaksanaan; (4) Pengawasan dan Evaluasi. Data berupa dokumen laboratorium yang didapatkan dengan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskripstif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen laboratorium fisika SMA/MA berdasarkan sekolah yang menjadi objek penelitian di Kabupaten Kendal memiliki kriteria Sangat Baik dengan persentase 97%. Kendala yang terdapat dalam pelaksanaan manajemen laboratorium Fisika SMA/MA di Kendal yaitu keterbatasan tersediannya tenaga laboratorium seperti tidak adanya kepala laboratorium yang sesuai kualifikasi, kurangnya tenaga laboran dan teknisi yang sesuai dengan kriteria kompetensinya. Kendala lainnya yaitu terkait dengan keterbatasannya alat dan bahan yang digunakan untuk praktikum. Manajemen laboratorium di sekolah dapat terwujud dan terlaksana dengan baik jika memenuhi kriteria yang terdapat dalam empat perangkat manajemen laboratorium yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan serta evaluasi. Dengan demikian, sistem manajemen laboratorium fisika SMA/MA di Kendal memiliki kriteria Sangat Baik walaupun masih mengalami kendala dalam pelaksanaanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Laboratorium fisika; Manajemen laboratorium
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.6 Gedung dan bangunan sekolah, fasilitas fisik pendidikan
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 25 Oct 2022 02:39
Last Modified: 25 Oct 2022 02:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17457

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics