Analisis HOTS (high order thinking skills) pada soal ulangan fisika SMA era online tahun ajaran 2021/2022

Mahasin, Lathaiful (2022) Analisis HOTS (high order thinking skills) pada soal ulangan fisika SMA era online tahun ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503066071_Lathaiful_Mahasin] Text (Skripsi_1503066071_Lathaiful_Mahasin)
Skripsi_1503066071_Lathaiful_Mahasin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Salah satu permasalahan pendidikan Indonesia adalah kurang maksimalnya implementasi kurikulum 2013 atau K13. Upaya dalam memaksimalkan implementasi K13 antara lain melalui klasifikasi soal Ulangan Tengah Semester (UTS) dan Ulangan Akhir Semester (UAS) untuk menentukan jumlah soal yang sudah sesuai dengan karakter HOTS (High Order Tinkhing Skills). Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan desain deskriptif analisis dokumen. Hasil penelitian terdapat 100% UTS memenuhi kriteria sebagai soal berkarakter HOTS dan UAS 90% sudah sesuai HOTS. Terdapat 10 butir soal ulangan tengah semester memenuhi karakter berbasis kontekstual dan 10 butir soal memiliki stimulus menarik. Soal ulangan akhir semester mempunyai 36 soal berbasis kontekstual dan 35 butir soal memiliki stimulus menarik. Butir soal UTS dan UAS Fisika SMA Era Online Tahun Ajaran 2021/2022 didominasi dengan soal berkemampuan berpikir tingkat tinggi dan sudah memenuhi karakteristik serta indikator soal HOTS.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Soal ulangan; Fisika; High Order Thingking Skills (HOTS); Pembelajaran daring
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 25 Oct 2022 02:51
Last Modified: 25 Oct 2022 02:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17466

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics