Analisis keterampilan proses sains dan kreativitas ilmiah siswa di SMA Negeri 7 Semarang

Novitasari, Dwi (2022) Analisis keterampilan proses sains dan kreativitas ilmiah siswa di SMA Negeri 7 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1608066023_Dwi_Novitasari_Lengkap] Text (Skripsi_1608066023_Dwi_Novitasari_Lengkap)
Skripsi_1608066023_Dwi_Novitasari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Pendidikan tidak hanya untuk menguasai pengetahuan, namun juga menekankan penguasaan sikap dan keterampilan yang merangsang pemikiran, perhatian, keterampilan dan kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil keterampilan proses sains dan tingkat kreativitas ilmiah siswa di SMA Negeri 7 Semarang. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif, pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling, teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi, dan analisis menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Keterampilan siswa dipetakan sesuai hasil wawancara yang menunjukkan bahwa siswa berfikir kritis dalam mengajukan pertanyaan berdasarkan pengalaman. Siswa dapat memprediksi dan mengemukakan pendapatnya untuk mengajukan untuk menggambarkan proses, spesifikasi, dan pembuatan sepeda masa depan sesuai perkembangan teknologi. Siswa mampu mengajukan banyak pertanyaan mengenai objek kaca yang menunjukkan bahwa siswa memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 75% responden memiliki keterampilan cukup baik. Sebesar 22% baik sedangkan 3% masuk kategori kurang baik. Rata-rata tingkat kreativitas siswa SMA Negeri 7 Semarang memiliki kreativitas ilmiah cukup baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas XI MIPA 5 memiliki tingkat kreativitas lebih rendah dengan nilai rata-rata 53 dibandingkan kelas XI MIPA 4 dengan nilai rata-rata 55 namun nilai tersebut masih masuk dalam kategori cukup baik. sehingga perlu strategi peningkatan untuk memaksimalkan potensi dan kreativitas siswa.

ABSTRACT

Education is not only for mastery of knowledge but also emphasizes the mastery of attitudes and skills that stimulate thinking, attention, skills, and creativity. This study aims to determine the profile of science process skills and the level of scientific creativity of students at SMA Negeri 7 Semarang. The study used qualitative research methods, data collection using purposive sampling technique, data collection techniques using triangulation, and analysis using the Miles and Huberman analysis model. Student skills were mapped according to the results of interviews which showed that students think critically in asking questions based on experience. Students can predict and express their opinions to propose to describe the process, specifications, and manufacture of future bicycles according to technological developments. Students can ask many questions about glass objects which shows that students have a high curiosity. The results showed that 75% of the respondents had quite good skills. 22% are good while 3% are in the poor category. The average level of creativity of SMA Negeri 7 Semarang students has quite good scientific creativity. The results showed that class XI MIPA 5 had a lower level of creativity with an average value of 53 compared to class XI MIPA 4 with an average value of 55 but the score was still in the fairly good category. so it needs an improvement strategy to maximize the potential and creativity of students.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keterampilan proses sains; Kreativitas ilmiah; Instrumen keterampilan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 25 Oct 2022 04:03
Last Modified: 25 Oct 2022 04:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17496

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics