Efektivitas model pembelajaran GSM (gerakan sekolah menyenangkan) terhadap penguasaan konsep materi pemanasan global pada mata pelajaran fisika kelas XI di SMA Negeri 1 Boja

Amila, Shovi (2022) Efektivitas model pembelajaran GSM (gerakan sekolah menyenangkan) terhadap penguasaan konsep materi pemanasan global pada mata pelajaran fisika kelas XI di SMA Negeri 1 Boja. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1608066054_Shovi_Amila_Lengkap] Text (Skripsi_1608066054_Shovi_Amila_Lengkap)
Skripsi_1608066054_Shovi_Amila.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran GSM (Gerakan Sekolah Menyenangkan) terhadap hasil belajar fisika kelas kelas XI SMA Negeri 1 Boja. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif dengan menerapkan metode Eksperimen Semu atau (Quasi Experiment). Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 1 Boja. Sampel terdiri dari dua kelas sebagai responden yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu metode pembelajaran dan variabel terikatnya adalah minat dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan metode tes, observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes pilihan ganda dan angket. Data pretes digunakan untuk uji tahap awal, sedangkan data posttest sebagai uji tahap akhir dan kemudian digunakan untuk uji tingkat efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran GSM efektif meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata N-Gain dalam kategori sedang yaitu 0,496 dan rata-rata nilai angket 76,37 yaitu dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Model pembelajaran GSM; Minat belajar; Hasil belajar; Pemanasan global
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 26 Oct 2022 04:33
Last Modified: 26 Oct 2022 04:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17503

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics