Pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7e terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MA/SMA pada pokok bahasan usaha dan energi

Achadah, Norma (2022) Pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7e terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MA/SMA pada pokok bahasan usaha dan energi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1608066057_Norma_Achadah_Lengkap] Text (Skripsi_1608066057_Norma_Achadah_Lengkap)
Skripsi_1608066057_Norma_Achadah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MAN Kendal pada pokok bahasan usaha dan energi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif serta jenis penelitian Quasi Eksperiment dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas X MIPA 5 dan X MIPA 6 MAN Kendal. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling dengan sampel kelas X MIPA 5 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA 6 sebagai kelas eksperimen. Variabel penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu model pembelajaran dan variabel terikat yaitu kemampuan berpikir kritis. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda, angket respons siswa, dan lembar wawancara. Model pembelajaran pada penelitian kelas kontrol menggunakan metode ceramah, diskusi klasikal, tanya jawab dan kelas eksperimen menggunakan Learning Cycle 7E. Data hasil pre-test digunakan untuk uji homogenitas sedangkan hasil post-test untuk uji normalitas, dan analisis regresi. Hasil uji regresi linear sederhana diperoleh 0,55 sehingga dapat dinyatakan terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil respons siswa diperoleh rata-rata persentase 87,8% dari hasil uji skala likert yang berarti siswa menerima dengan baik adanya model pembelajaran Learning Cycle 7E. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif model pembelajaran Learning Cycle 7e terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan usaha dan energi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Learning cycle 7E; Keterampilan berpikir kritis; Usaha dan energi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 25 Oct 2022 04:48
Last Modified: 25 Oct 2022 04:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17506

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics