Pengaruh kualitas pelayanan, promosi dan persepsi religiusitas terhadap minat masyarakat menabung di Bank Syariah Indonesia : studi kasus di Bank Syariah Indonesia Cabang Semarang

Ulwiya, Hida Alfathin Mila (2021) Pengaruh kualitas pelayanan, promosi dan persepsi religiusitas terhadap minat masyarakat menabung di Bank Syariah Indonesia : studi kasus di Bank Syariah Indonesia Cabang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1505036132_Hida Alfathin Mila Ulwiya_Lengkap] Text (Skripsi_1505036132_Hida Alfathin Mila Ulwiya_Lengkap)
1505036132_Hida Alfathin Mila Ulwiya_Lengkap Tugas Akhir - Hida Alfathin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Persepsi Religiusitas Terhadap Minat Masyarakat Menabung di Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus di Bank Syariah Indonesia Cabang Semarang).
Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan penelitian lapangan (Field Reserch). Data penelitian yang digunakan adalah nasabah Bank Syariah Indonesia Cabang Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunkan adalah purposive sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Persepsi Religiusitas. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Minat Masyarakat Menabung di Bank Syariah Indonesia. Jumlah sampel penelitian ini adalah 95 sampel. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan atau secara keseluruhan dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel Minat Menabung. Sedangkan secara parsial variabel kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan bernilai positif sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai thitung (3,500) > ttabel (1,986). Variabel promosi bernilai positif sebesar dapat dilihat bahwa nilai signifikan 0,013 < 0,05 dan nilai t hitung (2,530) > t tabel (1,986). Dan variabel religiusitas dapat dilihat bahwa nilai bernilai positif variabel sebesar 0,000<0,05 dan nilai thitung (4,032)>ttabel (1,986). Dari hasil perhitungan koefisien determinasi menunjukkan bahwa besarnya nilai Adjusted R Square adalah 0,417. Hal ini berarti 41,7% variasi intensi Minat Menabung dapat dijelaskan oleh variasi dari ketiga variabel independen yaitu Kualitas Pelayanan, Promosi, dan Persepsi Religiusitas. Sedangkan sisanya sebesar 58,3% (100%-41,7%) dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain di luar model.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan; Promosi; Religiulitas; Minat menabung
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 15 Oct 2022 03:43
Last Modified: 15 Oct 2022 03:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17517

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics