Peran Lembaga Bantuan Hukum Ansor Kabupaten Brebes dalam memberikan bantuan hukum secara cuma-cuma kepada masyarakat brebes yang kurang mampu

Aenurofiq, Aenurofiq (2021) Peran Lembaga Bantuan Hukum Ansor Kabupaten Brebes dalam memberikan bantuan hukum secara cuma-cuma kepada masyarakat brebes yang kurang mampu. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1702056035_AENUROFIQ] Text (SKRIPSI_1702056035_AENUROFIQ)
1702056035_AENUROFIQ_LENGKAP TUGAS AKHIR - Aenur Rofiq.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Bantuan hukum merupakan suatu media yang dapat digunakan oleh semua orang dalam rangka menuntut haknya atas adanya perlakuan yang tidak sesuai dengan kaedah hukum yang berlaku. Hal ini didasari oleh arti pentingnya perlindungan hukum bagi setiap orang sebagai subyek hukum guna menjamin adanya penegakan hukum. Namun pada implementasinya masih terdapat masyarakat yang tidak tahu akan hak-haknya untuk mendapatkan bantuan hukum, sehingga diperlakukan tidak adil. Sedangkan ia mempunyai fakta dan bukti yang dapat dipergunakan untuk meringankan atau menunjukkan kebenarannya dalam perkara itu.
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui peran LBH ANSOR Brebes dalam memberikan bantuan hukum secara Cuma-Cuma kepada masyarakat yang kurang mampu serta untuk mengetahui faktor-faktor penghambat LBH ANSOR Brebes dalam memberikan bantuan hukum secara Cuma-Cuma.
Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah penelitian hukum kualitatif dengan pendekatan sosiologis yuridis, pendekatan sosiologis-yuridis. Adapun sumber data yang didapatkan dalam penelitian ini berasal dari data primer yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Serta data sekunder yang merupakan bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Dalam menguji validitas data yang didapatkan menggunakan teknik triangulasi yang kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif.
Hasil penelitian yang dilakukan di LBH ANSOR Brebes bahwa peranan lembaga bantuan hukum dalam meberikan bantuan hukum secara cuma-cuma sangat berperan dalam membantu pencari keadilan yang kurang mampu,dan Lembaga Bantuan Hukum ANSOR Brebes, tidak mempersulit pemberian bantuan hukum kepada masyarakat yang kurang mampu, namun dalam memberikan bantuan hukum secara cuma-cuma kepada masyarakat yang kurang mampu, LBH ANSOR Brebes mendapatkan beberapa kesulitan atau faktor-faktor yang menghambat dalam memberikan bantuan hukum diantaranya adalah faktor subtansi hukum, faktor struktural hukum, dan faktor budaya hukum.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran LBH ANSOR Brebes; Faktor Penghambat; Bantuan Hukum.
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74201 - Ilmu Hukum
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 15 Oct 2022 06:51
Last Modified: 15 Oct 2022 06:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17530

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics