Studi kritik Sekar Mocopat Sari tarjamahan ayat Kursi karya Suradji Saputra

Hikmah, Azi Zatul (2022) Studi kritik Sekar Mocopat Sari tarjamahan ayat Kursi karya Suradji Saputra. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804026040_Azi_Zatul_Hikmah_Lengkap] Text (Skripsi_1804026040_Azi_Zatul_Hikmah_Lengkap)
Skripsi_1804026040_Azi_Zatul_Hikmah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Sekar Mocopat Sari Tarjamahan Ayat Kursi merupakan karya Suradji Saputra. Terjemah ini adalah salah satu terjemah yang unik karena berbentuk tembang macapat dhandanggula. Karya terjemah tersebut terdiri dari tiga bait. Setiap baitnya mengandung makna yang saling berkesinambungan dengan bait lainnya. Namun ada beberapa kekeliruan metrum macapat dalam terjemah tersebut. Oleh karena itu, peneliti akan mengkaji lebih dalam mengenai kegunaan tembang macapat, bagaimana tembang macapat ayat kursi, juga menganalisis muatan dan metode terjemah macapat tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan kepustakaan. Sehingga pada penelitian akan diuraikan secara rinci terkait Sekar Macapat Terjemah Ayat Kursi. Pengambilan data dengan menggunakan teknik wawancara sebagai pendukung dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Sekar Macapat Terjemah Ayat Kursi dianalisis dari aspek muatan dan metode.
Hasil penelitian ini adalah Suradji menyederhanakan dan memperluas penerjemahannya. Hal ini dilakukan karena untuk menyesuaikan aturan metrum macapat dhandanggula. Kendati demikian, terjemahannya tidak keluar dari isi kandungan ayat. Setiap baris, bait, dan kata dalam tembang dhandanggula tersebut saling berkesinambungan satu sama lainnya. Sehingga saat disenandungkan akan terlihat keindahannya. Dilihat dari proses dan hasil terjemahan macapat ayat kursi, Suradji menggunakan metode terjemah tafsiriyyah atau ma’nawiyyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Terjemah; Tembang Macapat; Ayat Kursi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 25 Oct 2022 07:11
Last Modified: 25 Oct 2022 07:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17552

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics