Ekranisasi novel ke film : studi novel dan film Hafalan Shalat Delisa

Syafii, Zain Muhamad (2022) Ekranisasi novel ke film : studi novel dan film Hafalan Shalat Delisa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701026122_Zain_Muhamad_Syafii_Lengkap] Text (Skripsi_1701026122_Zain_Muhamad_Syafii_Lengkap)
Skripsi_1701026122_Zain_Muhamad_Syafii.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Fenomena pembuatan film dari karya sastra novel atau yang disebut ekranisasi saat ini telah marak sekali dilakukan. Banyak film-film bermunculan yang berasal dari adopsi sebuah karya sastra baik itu novel maupun puisi. Dalam penelitian ini penulis melakukan penelitian terhadap ekranisasi novel ke film Hafalan Shalat Delisa, yakni sebuah film dari novel dengan judul yang sama karya Tere Liye. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perubahan-perubahan yang terjadi dalam proses ekranisasi novel Hafalan Shalat Delisa ke film Hafalan Shalat Delisa.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori berkaitan ekranisasi dan sastra bandingan. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa membaca, meneliti, dan mencatat. Saat menganalisis data, hal pertama yang dilakukan adalah menganalisis sumber data yang sesuai dengan teori yang digunakan. Kemudian, mempelajari karya yang diteliti lalu membandingkan struktur yang terdapat dalam kedua karya tersebut.
Hasil penelitian ini menemukan penciutan (35 data), penambahan (23 data), dan perubahan bervariasi (27 data) pada alur cerita novel ke Film Hafalan Shalat Delisa. Salah satu penciutannya yaitu saat Delisa pulang mengaji naik sepeda dibonceng Tiur. Lalu, contoh penambahannya yaitu ketika Umi bernyanyi di teras dengan keempat anaknya. Terakhir, salah satu perubahan bervariasinya yakni ketika Abi menemui Delisa menggunakan helikopter bersama Prajurit Salam (di dalam novel). Sedangkan di dalam film, setelah mengetahui lokasi Delisa dari Koh Acan, Abi menumpang truk menuju tempat Delisa. Pada perubahan tokoh novel ke Film Hafalan Shalat Delisa ditemukan 6 data penciutan, 3 data penambahan, dan 7 data perubahan bervariasi. Kemudian, pada latar ceritanya ditemukan 6 data penciutan, 5 data penambahan, dan 7 data perubahan bervariasi. Meskipun terjadi penciutan, penambahan, dan perubahan bervariasi, secara umum, novel dan Film Hafalan Shalat Delisa masih ber keselarasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ekranisasi; Hafalan shalat Delisa; Sastra bandingan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.05 Serial Publications of Islam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 25 Oct 2022 07:40
Last Modified: 25 Oct 2022 07:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17555

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics