Analisis hukum Islam terhadap praktik barter with exposure antara influencer dengan pelaku usaha pada instagram

Ardianti, Alfida Salma Eka (2022) Analisis hukum Islam terhadap praktik barter with exposure antara influencer dengan pelaku usaha pada instagram. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802036143_Alfida_Salma_Eka_Ardianti_Lengkap] Text (Skripsi_1802036143_Alfida_Salma_Eka_Ardianti_Lengkap)
Skripsi_1802036143_Alfida_Salma_Eka_Ardianti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pada seluruh kegiatan muamalah yang ada selalu ada hukum islam yang memberikan aturan terkait rukun dan syaratnya. Praktik barter harus dilihat apakah praktik barter tersebut telah memenuhi syarat dan rukun terkait barter. Praktik barter with exposure pada media sosial terkhusus Instagram tidak sesuai dengan hukum islam karena ada beberapa syarat yang tidak terpenuh.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis field research. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sehingga menghasilkan data deskriptif. Penelitian dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi agar medapatkan informasi yang tepat antara teori yang didapat dengan praktik dilapangan.
Hasil temuan dalam penelitian ini adalah: Praktik barter with exposure pada media yaitu barter antar produk (barang atau jasa) yang dimiliki oleh pelaku usaha dengan exposure atau kepopuleran yang dimiliki oleh influencer. Menurut hukum islam salah satu syarat barter adalah tidak mengandung riba faḍal dan tidak melanggar etika dalam bermuamalah.
Maka dari itu praktik barter with exposure pada media sosial Instagram tidak memenuhi syarat barter dan salah satu etika bermuamalah yaitu tidak boleh mengandung riba faḍal dan tidak boleh terdapat unsur spekulasi atau gharar. Sehingga praktik barter with exposure pada media sosial tidaklah sah menurut hukum islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Barter; Exposure; Influencer; Hukum Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Chantika Khoirunnisaa
Date Deposited: 25 Oct 2022 07:55
Last Modified: 25 Oct 2022 07:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17561

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics