Praktik menghafal Al- Qur’an di Pesantren Rijalul Qur’an Putri Gunungpati Semarang : studi living Qur’an

Afifah, Ulafatul (2021) Praktik menghafal Al- Qur’an di Pesantren Rijalul Qur’an Putri Gunungpati Semarang : studi living Qur’an. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1704026056_Ulfatul_Afifah] Text (SKRIPSI_1704026056_Ulfatul_Afifah)
1704026056_ULAFATUL AFIFAH__Lengkap Tugas Akhir - Ilham Sofyan_SR(1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Proses interaksi antara manusia dengan al-Qur’an sudah berlangsung lama dan membuahkan produk keilmuan yang amat banyak, salah satunya dalam proses menghafal al-Qur’an. Metode hafalan al-Qur’an berkembang dengan corak dan pendekatan yang beranekaragam. Kendati demikian, problematika penghafal juga tidak sederhana dan semakin kompleks. Seperti halnya pengaruh dari dalam diri : kebosanan, jenuh, daya ingat rendah, kurang serius, tidak percaya diri dsb. Pengaruh luar layaknya, budaya popular yang cenderung jauh dari nilai agama, stigma negatif penghafal al-qur’an, problem psikologis, kurangnya motivasi, tergoda akan hubbun dunnya, dsb.
Dalam rangka mencari solusi permasalahan tersebut, peneliti tertarik dengan praktik tahfidz al- Qur’an di Pesantren Penghafal Al-Qur’an Rijalul Qur’an Gunungpati Semarang yang melakukan ziyadah (setoran hapalan) pada waktu yang tidak umum yakni saat dini hari. Selain itu pemilihan waktu tersebut juga disandingkan dengan agenda wajib bagi para santri yakni qiyamul lail. Dengan demikian, penulis tertarik untuk meneliti lebih jauh bagaimana makna yang terkandung dalam praktik tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif- kualitatif dengan cara langsung terjun ke lapangan (field research). Interaksi antar subjek dengan objek yang sedang peneliti amati sangat cocok dengan fungsi pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktek tahfidz al-qur’an di Pesantren Rijalul Qur’an dibagi menjadi tiga program besar yakni : sebelum menghafal (persiapan hafalan dengan pengajaran adab serta tahsin al-Qur’an), saat menghafal (rutinitas muraja’ah dan ziyadah dengan tingkat disiplin yang tinggi), dan pasca menghafal ( pelaksanaan ujian tengah dan akhir semester). Dalam praktik ziyaday tersebut, peneliti ,menemukan adanya korelasi dasar program tersebut dengan tuntunan- tuntunan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Selain itu perintah tersebut juga didasarkan atas kandungan dari al-Qur’an, surat al- Muzammil.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tahfid Al-Qur’an; qiyamul lail; santri putri; Rijalul Qur’an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1226 Interpretation and Criticism
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 18 Oct 2022 03:47
Last Modified: 18 Oct 2022 03:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17565

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics