Nilai sufisme dalam gerakan nirkekerasan masyarakat Kendeng terhadap pembangunan pabrik Semen Indonesia dalam perspektif humanisme tasawuf

Mutholib, Abdul (2022) Nilai sufisme dalam gerakan nirkekerasan masyarakat Kendeng terhadap pembangunan pabrik Semen Indonesia dalam perspektif humanisme tasawuf. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1504046064_Abdul_Mutholib_Lengkap] Text (Skripsi_1504046064_Abdul_Mutholib_Lengkap)
Skripsi_1504046064_Abdul_Mutholib.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Manusia adalah ciptaan Tuhan, dan ia diciptakan agar dapat menjalankan kehidupan secara berdampingan dengan manusia lainnya. Karena pada dasarnya manusia itu adalah makhluk sosial, ia juga mampu berkomunikasi dengan manusia lainnya, oleh karena itu manusia memiliki sikap keterbukaan dan bersedia berdialog dengan manusia lainnya serta dapat merespon segala sesuatu mengenai permasalahan yang sedang dihadapi oleh dirinya maupun manusia disekitarnya. Di sinilah letak ke khasan manusia, karena manusia memiliki ke pekaan terhadap suatu rangsangan yang ia rasakan baik dari dalam maupun luar lingkungannya, yakni sesama manusia.
metode yang akan dilakukan oleh penelitian ini adalah field reaserch atau library reasearch atau kajian pustaka, yang pengumpulan dta menggunakan kata-kata berbentuk tulisan ataupun ucapan gambar, dan tidak berupa angka-angka. humanisme memiliki keterkaitan dengan istilah yang berakar dari kata yang sama, yakni humaniora, humanities, (latin: humanior), yaitu ilmu-ilmu pengetahuan yang bertujuan membuat manusia lebih manusiawi, dalam artian membuat manusia lebih berbudaya. Chabib Toha mengartikan: humanisme, kemanusiaan adalah nilai-nilai obyektif yang dibatasi oleh kultur tertentu, nilai kebebasan, kemerdekaan, kebahagiaan. Persamaan hak adalah nilai-nilai kemanusiaan yang dibangun di atas fondasai individualisme dan demokrasi. humanisme adalah aliran yang berkaitan dengan manusia. Secara luas konsep tentang humanisme ingin menempatkan manusia sebagai pusat eksistensi, akan tetapi dalam perkembangannya dipengaruhi oleh kultur tertentu. Relevansi tasawuf humanisme dalam kehidupan manusia merupakan salah satu solusi dalam kepincangan kehidupan sosial, sehingga diupayakan eksplorasi khasanah kepustakaan dari dua subjek tersebut ditiap ruang baca atau laboratorium pustaka kampus (perpustakaan), sehingga secara realitas mampu mengutuhkan dan melestarikan paradigma tasawuf yang lebih harmonis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nirkekerasan; Humanisme Tasawuf: Kendeng; Pabrik Semen
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism > 297.45 Sufi ethics
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 25 Oct 2022 08:17
Last Modified: 25 Oct 2022 08:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17568

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics