Studi komparatif tafsir tertulis dan tafsir lisan M. Quraish Shihab kajian terhadap surah Al-Mumtaḥanah

Farachadist, Listya (2021) Studi komparatif tafsir tertulis dan tafsir lisan M. Quraish Shihab kajian terhadap surah Al-Mumtaḥanah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1704026095_Listya_Farachadist] Text (SKRIPSI_1704026095_Listya_Farachadist)
1704026095_Listya Farachadist_Lengkap Tugas Akhir - Listya Farachadist.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Tafsir Al-Misbah karya M. Quraish Shihab disampaikan melalui penafsiran tertulis yang sudah tercetak dan penafsiran secara lisan dengan memanfaatkan YouTube sebagai medianya, di antaranya ialah penafsiran mengenai surah Al-Mumtaḥanah. Surah ini memiliki keutamaan di antaranya tentang pendidikan iman dan akhlak, batasan hukum antara kaum mukmin dengan kaum musyrik, serta mengenai baiatnya para wanita mukminah yang berhijrah oleh Nabi. Namun, penjelasan yang ia sampaikan yang terdapat di dalam penafsiran tertulis dan penafsiran lisan seringkali ditemukan perbedaan diantara keduanya baik dalam rangkaian kalimat ataupun dalam keterangan penafsiran yang ia sampaikan. Misalnya ketika menafsirkan kata abīhi, di dalam tafsir tulisnya diartikan sebagai orang tua, sedangkan kata abīhi di dalam penyampaian lisannya ditafsirkan sebagai pamannya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini ada dua, yakni bagaimana penafsiran tertutis dan lisan M. Quraish Shihab terhadap Q.S. Al-Mumtaḥanah serta bagaimana persamaan dan perbedaan dari kedua penyampaian penafsiran tersebut yang selanjutnya akan diidentifikasi dan dianalisis perbandingannya menggunakan teori kelisanan dari Walter J. Ong.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Library Research serta menggunakan analisis deskriptif-komparatif untuk menganalisis data penelitian yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mencari persamaan dan perbedaan dari objek penelitian yang dikaji.
Dari hasil analisis menggunakan teori kelisanan Walter J. Ong penulis menemukan lima karakteristik dari sembilan karakteristik yang dikemukakan oleh Walter J. Ong. Dari karakteristik yang ditemukan menunjukkan adanya penambahan kata dan penambahan kalimat yang digunakan sehingga menjadi panjang lebar, penjelasan yang berulang-ulang untuk menjaga kefokusan pendengar dan penyaluran pesan, pengucapan kata dan kalimat yang seringkali tidak terstruktur, penjelasan disesuaikan dan dibuat sedekat mungkin dengan kehidupan pendengar. Kendati demikian, persamaan dan perbedaan yang ada diantara keduanya merupakan bahan revisi dan uraian penjelas yang memiliki fungsi saling melengkapi satu sama lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Al-Mumtaḥanah; Quraish Shihab; teori kelisanan.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1226 Interpretation and Criticism
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 20 Oct 2022 01:14
Last Modified: 20 Oct 2022 01:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17596

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics