Pengaruh pengetahuan dan motivasi guru MAN Tambakberas Jombang terhadap minat dalam memilih produk-produk bank syariah

Agustina, Muliana Irmawati (2021) Pengaruh pengetahuan dan motivasi guru MAN Tambakberas Jombang terhadap minat dalam memilih produk-produk bank syariah. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1705036140_Muliana Irmawati Agustina_Lengkap] Text (Skripsi_1705036140_Muliana Irmawati Agustina_Lengkap)
fiks SKRIPSI FUL MULIANA TXT-1 27 desember-dikonversi(1) - Muliana Irmawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kehadiran bank syariah di tengah-tengah perbankan konvensional adalah untuk menawarkan sistem perbankan alternatif bagi umat Islam yang membutuhkan atau ingin memperoleh layanan jasa perbankan tanpa harus melanggar larangan riba. Perbankan yang berbasis syariah saat ini belum banyak dimengerti oleh masyarakat seperti bentuk kegiatan usaha, produk dan jasanya yang menyebabkan kurangnya minat untuk menggunakan jasa bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui Adanya pengaruh pengetahuan Guru MAN Tambakberas Jombang terhadap minat dalam memilih produk-produk Bank Syariah, 2) mengetahui pengaruh motivasi Guru MAN Tambakberas Jombang terhadap minat dalam memilih produk-produk Bank Syariah, 3) mengetahui pengetahuan dan motivasi Guru MAN Tambakberas Jombang berpengaruh secara bersama-sama terhadap minat dalam memilih produk-produk Bank Syariah.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif asosiatif yaitu penelitian dengan menjelaskan dan menghitung variabel independen untuk menganalisis apakah pengetahuan dan motivasi berpengaruh terhadap minat memilih produk-produk bank syariah bagi Guru MAN Tambakberas Jombang. Populasi penelitian ini adalah guru MAN Tambakberas Jombang 100 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 50 guru MAN Tambakberas Jombang diambil dari rumus Slovin, kemudian diambil secara sampel sederhana (simple random sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi.Teknik analisis data dilakukan dengan regresi linier ganda. Sedangkan untuk olah data mengggunakan program IBM SPSS Versi 23
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Adanya Pengaruh Pengetahuan tentang produk bank Syariah terhadap minat dalam memilih produk bank Syariah Guru MAN Tambakberas Jombang dengan nilai ttabel sebesar 2,341 dan nilai signifikansi 0,024. 2) Adanya Pengaruh Motivasi memilih produk bank Syariah terhadap Minat dalam memilih produk bank Syariah Guru MAN Tambakberas Jombang dengan nilai t hitung sebesar 3,876 dan nilai signifikansi 0,000, 3) Adanya Pengaruh pengetahuan tentang produk bank Syariah dan motivasi memilih produk-produk bank syariah terhadap minat dalam memilih produk bank Syariah dengan nilai 13,377 dan tingkat signifikan sebesar 0.000.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi guru; MAN Tambakberas Jombang; Minat; Produk-produk bank syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 20 Oct 2022 04:17
Last Modified: 20 Oct 2022 04:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17609

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics