Strategi peningkatkan minat masyarakat dalam penggunaan produk perbankan syariah di Kabupaten Demak dengan menggunakan SWOT analysis

Fuad, Tsani Lukluatul (2021) Strategi peningkatkan minat masyarakat dalam penggunaan produk perbankan syariah di Kabupaten Demak dengan menggunakan SWOT analysis. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1705036150_Tsani Lukluatul Fuad_Lengkap] Text (Skripsi_1705036150_Tsani Lukluatul Fuad_Lengkap)
1705036150_Tsani Lukluatul Fuad_Full Skripsi - 90- Tsani Lukluatul Fuad(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada penggunaan produk bank syariah di Kabupaten Demak, serta untuk merumuskan strategi yang tepat untuk meningkatkan minat masyarakat dalam pnggunaan produk perbankan syariah di Kabupaten Demak. Inti masalah dalam peneltian ini adalah mayoritas masyarakat Kabupaten Demak beragama islam, akan tetapi hal tersebut tidak menyebabkan minat dalam penggunaan produk bank syariah tinggi. Ada beberapa hal yang menjadi alasan rendahnya minat masyarakat dalam penggunaan produk bank syariah di Kabupaten Demak, sehingga perlu dilakukan analisis mengenai kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman serta perumusan strategi agar minat dalam penggunaan produk bank syariah di Kabupaten Demak meningkat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Analisis data menggunakan metode analisis SWOT. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling dengan jumlah sampling 60 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor internal dan eksternal yang menunjukan matriks IFAS (Internal Factor Analysis Summary) diperoleh nilai 1,51 dan EFAS (Eksternal Factor Analysis Summary) dengan nilai 0,78. Berdasarkan posisi kuadran SWOT Kabupaten Demak berada di kuadran I (Kuadran positif) maka strategi yang tepat adalah dengan mendukung kebijakan agresif dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada. Strategi yang dapat disusun untuk meningkatkan minat dalam penggunaan produk bank syariah adalah memperbanyak kantor cabang pembantu dan kantor kas, menciptakan inovasi baru terhadap produk bank syariah yang sesuai dengan kebutuhan nasabah, meningkatkan promosi melalui berbagai media, memanfaatkan potensi pasar untuk memfokuskan pada UMKM, bersaing secara sehat terhadap lembaga keuangan yang lain, dan menjaga kualitas produk yang ditawarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Produk bank syariah; SWOT; UMKM
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 20 Oct 2022 06:22
Last Modified: 20 Oct 2022 06:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17613

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics