Tradisi pembacaan surah Al-Rahman menjelang akad nikah : studi living Qur’an di Desa Banjarasri, Nglorog, Sragen

Sofyan, Muhammad Ilham (2021) Tradisi pembacaan surah Al-Rahman menjelang akad nikah : studi living Qur’an di Desa Banjarasri, Nglorog, Sragen. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1704026134_Muhammad_Ilham_Sofyan] Text (SKRIPSI_1704026134_Muhammad_Ilham_Sofyan)
1704026134_MUHAMMAD ILHAM SOFYAN__Lengkap Tugas Akhir - Ilham Sofyan_SR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Proses interaksi antara manusia dengan al-Qur’an sudah berlangsung lama dan membuahkan praktik- praktik yang beragam, salah satunya adalah membaca al-Qur’an. Alasan yang mendasarinya juga beragam, ada yang sifatnya ibadah untuk mendapat ganjaran (pahala) ada yang sidatnya sebagai wasilah untuk tujuan tertentu. Terlepas dari itu praktik- praktik tersebut merupakan kesadaran religius yang sudah pasti ada pada orang yang beragama. Dalam konteks ini tradisi pembacaan al-Rahmanlahir atas ijtihad kolektif warga yang bertujuan untuk menyempurnakan tradisi- tradisi lama yang sifatanya profan (tidak berkaitan dengan agama.)
Praktik ini dilakukan saat menjelang momen pernikahan, atau malam sebelum akad nikah yang dalam istilah jawa disebut midodaren. Sebagai bagian dari strategi dakwah yang santun, maka ac ara tersebut disempurnakan dengan bingkai pengajian al-Qur’an sekaligus tausiyah untuk calon pengantin. Antusias warga cukup tinggi mengingat sebelum adanya pengajian, acara midodaren lebih condong pada hiburan semata yang manfaat dan efektifitasnya jauh berbeda. Sehingga tradisi ini cepat melekat pada warga Banjarasri walaupun secara historis merupakan tradisi baru yang belum berlangsung lama.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif- kualitatif dengan cara langsung terjuang ke lapangan (field research). Interaksi antar subjek dengan objek yang sedang peneliti amati sangat cocok dengan fungsi pendekatan fenomenologi. Sehingga pembahasannya amat luas dan tidak terkungkung pada sisi fundamental teks semata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembacaan surat al-Rahmanmenjelang akad nikah merupakan medium atau wadah untuk membiasakan dan mendidik warga Banjarasri agar seantiasa membaca al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ar-Rahman; pernikahan; living Qur’an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1226 Interpretation and Criticism
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 21 Oct 2022 01:55
Last Modified: 21 Oct 2022 01:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17624

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics