Makna makar dalam Al-Qur’an : analisis semantik Toshihiko Izutsu

Ma’arif, M. Syamsul (2021) Makna makar dalam Al-Qur’an : analisis semantik Toshihiko Izutsu. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1704026144_M_Syamsul_Ma’arif] Text (SKRIPSI_1704026144_M_Syamsul_Ma’arif)
1704026144_M Syamsul Ma_arif_Full Skripsi - M Syamsul Ma Arif.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Makar di dalam al-Qu’an secara umum bermakna ‘tipi daya’, sedangkan bila dikelasifikasi kata makar didalam al-Qur’an subjeknya ada dua, Allah dan manusia. Hal ini menjadi yang menjadi pertanyaan, ‘apakah makarnya Allah sama seperti manusa? Dan “apakah Allah berbuat dolim kepada hambanya?’, untuk mengetahuin jawaban tersebut dibutuhkan analisis linguistik yang mendalam terhadap kata-kata makar yang ada di dalam al-Qur’an.
Teori yang penulis gunakan dalam skripsi ini adalah sematik yang dikembangkan oleh Toshihiko Izutsu, teori ini memiliki tujuan mengupas sebuah makna dalam pandangan dunia (weltanschuun) yaitu kosakata penting dalam al-Qur’an. Tahapan yang harus dilakukan dalam penelitian ini, menentukan sebuah makna fundamental serta makna relasional term makar. Yang digunakan adalah analisi sintagmatik dilanjudkan analisis paradigmatik, dan menelusuri makna makar dalam waktu pra qur’anik Qur’anik, dan pasca Qur’anik.
Kesimpulan dari pembahasan ini adalah kata makar di dalam al-Qur’an tidak tentu menunjukan sebuah perbuatan jahat. Makar dalam al-Qur’an dibagi menjadi dua. Yaitu, makar mah}mu>d dan maz\mu>m yaitu makar dengan tujuan baik dan jahat. Makar yang mah}mu>d di dalam al-Qur’an subjeknya adalah Allah. Jika lafaz makar/makr disandarkan kepada lafaz Allah maka diartikan ‘balasan’. Selain itu pada masa pasca Qur’anik makna makar mengalami reduksi makna, khususnya dalam istilah hukum, yaitu sebagian ulama’ mendefinisikan sebagi suatu tindakan yang berusaha menganti atau merubah peraturan yang berlaku dan dilegistimasi oleh hukum atau menolak ketentuan hakim dengan kekuatan atau menolak untuk patuh.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Makar; Toshihiko Izutsu; semantik.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1226 Interpretation and Criticism
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 21 Oct 2022 03:49
Last Modified: 21 Oct 2022 03:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17628

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics