Pengaruh pengetahuan nasabah dan kualitas produk terhadap minat nasabah memilih tabungan easy wadiah di Bank Syariah Indonesia : studi kasus mahasiswa S1 Perbankan Syariah UIN Walisongo Semarang angkatan 2017-2019

Ilahi, Nur Rahmi (2021) Pengaruh pengetahuan nasabah dan kualitas produk terhadap minat nasabah memilih tabungan easy wadiah di Bank Syariah Indonesia : studi kasus mahasiswa S1 Perbankan Syariah UIN Walisongo Semarang angkatan 2017-2019. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1805036018_Nur Rahmi Ilahi_Lengkap] Text (Skripsi_1805036018_Nur Rahmi Ilahi_Lengkap)
1805036015_Cindi Oktarina_Full Skripsi - Cindi Oktarina.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Di era modern ini bank syariah semakin menunjukkan perkembangannya. Karakteristik Bank Syariah yaitu menggunakan sistem profit sharing, tidak adanya unsur riba serta kehalalan setiap transaksi menjadi faktor yang mendominasi minat nasabah untuk menabung di Bank Syariah. Salah satu market leader yang dapat menjadi suatu pertimbangan dalam meningkatkan jumlah nasabah di Bank adalah mahasiswa. Untuk itu perlu pengkajian pengaruh pengetahuan nasabah dan kualitas produk terhadap minat nasabah khususnya pada mahasiswa S1 Perbankan Syariah. Hal ini mengingat basic ilmu yang dimiliki mahasiswa ketika di perkuliahan.
Penelitian ini bertujuan menjelaskan pengaruh antara variabel pengetahuan nasabah (X1) terhadap minat nasabah memilih tabungan easy wadiah di Bank Syariah Indonesia (Y), kualitas produk (X2) minat nasabah memilih tabungan easy wadiah di Bank Syariah Indonesia (Y) dan pengaruh variabel X1 dan X2 secara simultan terhadap variabel Y. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif. Pada penelitian ini penulis menggunakan sampel nasabah yaitu mahasiswa S1 Perbankan Syariah UIN Walisongo. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Penelitian ini dianalisis dengan analisis uji keabsahan data, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pengetahuan nasabah (X1) memiliki pengaruh terhadap minat nasabah (Y) hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 5,567 lebih besar dari nilai t tabel yaitu 1,652 dengan nilai signifikan sebesar 0,00 lebih besar dari 0,05, sedangkan kualitas produk (X2) memiliki pengaruh terhadap minat nasabah (Y) hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 9,478 lebih besar dari nilai t tabel yaitu 1,652 dengan nilai signifikan sebesar 0,00 lebih besar dari 0,05. Dan kedua variabel yaitu X1 dan X2 memiliki pengaruh secara simultan terhadap variabel Y, hal ini ditunjukkan dengan nilai nilai F hitung lebih besar dari nilai F tabel yaitu 149,081 >3,12 dan juga nilai p value sebesar 0,00 yang lebih kecil dari 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bank syariah; Pengetahuan nasabah; Kualitas produk; Minat nasabah; Tabungan easy wadiah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 21 Oct 2022 09:46
Last Modified: 21 Oct 2022 09:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17636

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics