Pengaruh pengetahuan konsumen tentang sistem syariah terhadap keputusan menjadi anggota pada BMT Ki Ageng Pandanaran Mugas Dalam Semarang
Setiawan, Taufiq Arif (2013) Pengaruh pengetahuan konsumen tentang sistem syariah terhadap keputusan menjadi anggota pada BMT Ki Ageng Pandanaran Mugas Dalam Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
072411059_Cover.pdf - Accepted Version
Download (257kB) | Preview
072411059_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (30kB) | Preview
072411059_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (214kB) | Preview
072411059_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (59kB) | Preview
072411059_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (96kB) | Preview
072411059_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (15kB) | Preview
072411059_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (18kB) | Preview
Abstract
Salah satu tantangan paling berat yang kini banyak dihadapi oleh bank syariah seperti BMT BMT Ki Ageng Pandanaran Mugas Dalam Semarang yang merupakan bagian kecil perbankan Syari’ah adalah banyaknya tudingan yang mengatakan BMT hanya sekedar perbankan konvensional yang ditambah label syariah. Konsumen BMT Ki Ageng Pandanaran Semarang Cabang Mugas, menjadi nasabah hanya ingin mengamankan uangnya atau karena bagi hasil yang ditawarkan BMT Ki Ageng Pandanaran Semarang Cabang Mugas sehingga bisa memperlancar jalan perekonomian mereka, selain itu mereka juga tertarik dengan label Islam atau sistem syariah yang dikembangkan di BMT namun secara rinci mereka tidak memahami proses pelaksanaan sistem syariah tersebut, namunapakah pengetahuan seseorang tentang sistem syari’ah yang ada di BMT menjadi faktor keputusan menjadi nasabah menarik diteliti lebih lanjut.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh pengetahuan konsumen tentang sistem syariah terhadap keputusan menjadi anggota pada BMT Ki Ageng Pandanaran Mugas Dalam Semarang?
Metode penelitian adalah metode penelitian yang berbentuk penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif, dimana data diperoleh melalui kuesioner (angket), wawancara dan dokumentasi. Setelah data diperoleh, peneliti analisis dengan menggunakan analisis regresi.
Hasil perhitungan secara partial diperoleh hasil bahwa pengetahuan konsumen tentang sistem syariah berpengaruh terhadap keputusan menjadi anggota pada BMT Ki Ageng Pandanaran Mugas Dalam Semarang, Hal ini ditunjukkan dengan hasil dari uji ANOVA atau F test. F test yang menunjukkan nilai 27.830 dengan tingkat probabilitas 0,000 lebih besar dari signifikansi 5%, Hasil tersebut menunjukkan bahwa f hitung > f tabel (signifikansi). Dengan melihat asumsi di atas, maka probabilitas lebih kecil daripada 0,05 dan F hitung lebih besar daripada F tabel. Hipotesis yang menyatakan ada pengaruh positif dan signifikan antara pengetahuan konsumen tentang sistem syariah terhadap keputusan menjadi anggota pada BMT Ki Ageng Pandanaran Mugas Dalam Semarang di terima..
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsumen; Perbankan Syariah |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > 60202 - Ekonomi Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 27 Mar 2014 09:36 |
Last Modified: | 27 Mar 2014 09:36 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1767 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year