Peran komite sekolah dalam pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di MAN Wonogiri

Ratna, Maya Puspita (2021) Peran komite sekolah dalam pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di MAN Wonogiri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703036018_MAYA_PUSPITA_RATNA] Text (SKRIPSI_1703036018_MAYA_PUSPITA_RATNA)
1703036018_Maya Puspita Ratna_Full Skripsi - Maya Puspita.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini melatar belakangi untuk mendeskripsikan peran komite sekolah dalam pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di MAN Wonogiri. Aspek yang diteliti meliputi peran komite sekolah sebagai pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrol, dan sebagai mediator. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif melalui studi lapangan yang dilakukan di MAN Wonogiri. Adapun perolehan datanya melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komite sekolah telah melaksanakan perannya sebagai pemberi pertimbangan dalam pengelolaan sarana dan prasarana madrasah yaitu (1) komite sekolah berperan dalam memberi ide dan saran mulai dari cara pengadaan sarana dan prasarana sampai melakukan penghapusan. (2) Peran komite sebagai badan pemberi dukungan dalam mengelola sarana dan prasarana yaitu ikut terlibat langsung dalam kepanitiaan pengadaan sarana dan prasarana, dan melakukan penggalangan dana dari orang tua siswa.(3) Peran komite sekolah sebagai badan pengontrol terwujud dalam keikutsertaan komite sekolah melakukan pengecekan secara langsung kondisi sarana dan prasarana yang ada di madrasah. (4) Peran komite sekolah dalam pengelolaan sarana dan prasarana sekolah yaitu komite menjadi penyalur aspirasi dan ide dari masyarakat saat rapat penyusunan perencanaan pengadaan sarana dan prasarana, menjadi penyalur dana serta penyalur aspirasi dari pihak luar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: The Role of School Committees; Facilities and Infrastructur
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86131 - Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 29 Oct 2022 07:32
Last Modified: 29 Oct 2022 07:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17723

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics