Manajemen kurikulum pendidikan agama islam pada pembelajaran jarak jauh di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kutai Kartanegara (studi kasus: kelas 11 IPA1 semester genap tahun ajaran 2020/2021)

Hasanah, Nur Latifatul (2021) Manajemen kurikulum pendidikan agama islam pada pembelajaran jarak jauh di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kutai Kartanegara (studi kasus: kelas 11 IPA1 semester genap tahun ajaran 2020/2021). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703036023_NUR_LATIFATUL_HASANAH] Text (SKRIPSI_1703036023_NUR_LATIFATUL_HASANAH)
1703036023_Nur Latifatul Hasanah_Full Skripsi - Latifah Hasanah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penutupan sekolah yang berkepanjangan akibat pandemi COVID-
19 telah mengubah hubungan pemangku kepentingan pendidikan dengan sekolah dan konten pembelajaran. Bagi sekolah, siswa dan orang tua, dampak dari sekolah yang ditutup dan anak-anak yang terjebak di rumah dengan sedikit atau tanpa akses untuk belajar, efeknya sangat menghancurkan. Dengan ancaman COVID-19 yang terus-menerus membayangi, banyak siswa dan pendidik berjuang untuk tetap fokus pada pengajaran dan pembelajaran. Situasi pandemi COVID-19 telah menimbulkan tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang mengharuskan guru beradaptasi dengan pengajaran jarak jauh. Memetakan rencana untuk satu semester atau tahun ajaran mungkin tampak seperti ide yang sederhana, tetapi harus memilih dan memilih materi apa yang akan diajarkan dalam batasan periode waktu tertentu tidaklah sesederhana kedengarannya. Dalam beberapa kasus, kurikulum dapat mengacu pada standar yang ditetapkan oleh pemerintah atau organisasi pendidikan, dan penilaiannya mungkin berbeda dari tes dan ujian biasa yang diberikan oleh instruktur. Ketergantungan pembelajaran online pada peralatan teknologi dan penyediaan peralatan merupakan tantangan besar bagi sekolah dan peserta didik.
Tujuan penelitian ini adalah agar dapat mengetahui manajemen kurikulum pendidikan agama islam pada pembelajaran jarak jauh di madrasah aliyah negeri 2 kutai kartanegara (studi kasus: kelas 11 ipa 1 semester genap tahun ajaran 2020/2021)

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif Teknik yang digunakan pada penelitian yaitu wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Kemudian data yang telah diperoleh dianalisis dengan cara: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen kurikulum PAI pada pembelajaran jarak jauh kelas 11 ipa 1 tahun ajaran 2020/2021 semester genap di MAN 2 Kutai Kartanegara telah dilakukan mengacu pada silabus yang telah ada, Sekolah telah mengorganisir staf ke dalam kelompok kolaboratif yang bertemu melalui video conference untuk menyusun pelajaran harian berdasarkan tingkat kelas yang disampaikan secara digital oleh guru kelas. Bagi guru dapat menyiapkan bahan ajar sendiri untuk menjelaskan informasi yang kurang dari bahan ajar yang ada, Siapkan tugas sebelum menyiapkan bahan ajar. Tugas lebih menentukan kualitas belajar siswa daripada bahan ajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum; Pendidikan Agama Islam; Pembelajaran Jarak Jauh.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 29 Oct 2022 07:47
Last Modified: 29 Oct 2022 07:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17725

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics