Analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan nasabah sebagai variabel intervening pada Bank Syariah Indonesia : studi kasus pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang sebagai nasabah Bank Syariah Indonesia Tbk

Qoderia, Lailatul (2022) Analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan nasabah sebagai variabel intervening pada Bank Syariah Indonesia : studi kasus pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang sebagai nasabah Bank Syariah Indonesia Tbk. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805036029_Lailatul_Qoderia] Text (Skripsi_1805036029_Lailatul_Qoderia)
Skripsi_1805036029_Lailatul_Qoderia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Lahirnya Bank Syariah Indonesia melalui hasil merger antara Bank Syariah Mandiri, Bank BRI Syariah dan Bank BNI Syariah pada tanggal 1 Februari 2021 menjadikan Bank Syariah sebagai Bank Syariah terbesar di Indonesia dan sebagai bank terbesar ketujuh di Indonesia, memaksanya untuk mampu selalu membrikan kualitas pelayanan dan memperhatikan kepatuhan syariah sebagai usaha untuk mencapai kepuasan nasabah dan loyalitas nasabahnya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat seberapa kuat variabel intervening kualitas pelayanan, kepatuhan syariah, dan kebahagiaan nasabah terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia Tbk mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada nasabah Bank Syariah Indonesia yang merupakan mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Sampel sebanyak 100 responden diperoleh dari populasi mahasiswa aktif UIN Walisongo Semarang yang berjumlah 15.677 dengan perhitungan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%. Analisis kuantitatif yang digunakan meliputi; uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi R2 , uji statistik F, uji statistik T, dan analisis jalur.
Hasil t test mengungkapkan bahwa kepuasan pelanggan dan kualitas layanan memiliki pengaruh yang baik dan cukup besar terhadap loyalitas pelanggan. Sedangkan kepatuhan syariah memiliki pengaruh yang positif terhadap loyalitas pelanggan, namun tidak signifikan. Uji F menunjukkan bahwa loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh kualitas layanan, kepatuhan syariah, dan kepuasan pelanggan secara bersamaan. Variabel bebas dan variabel terikat memiliki hubungan 39,94 persen, menurut uji R2. Temuan penelitian menunjukkan bahwa variabel kepuasan pelanggan dapat memediasi antara kualitas layanan dan kepatuhan syariah dengan loyalitas pelanggan menggunakan analisis jalur.
Kualitas layanan menjadi hal sangat diperhatikan oleh nasabah (mahasiswa UIN Walisongo), namun bagaimana kepatuhan syariah dan apa saja yang meliputnya tidak terlalu menjadi perhatian oleh nasabah untuk bisa merasa puas dan loyal terhadap Bank Syariah Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan; Kepatuhan Syariah; Kepuasan Nasabah; Loyalitas Nasabah; Bank Syariah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 651 Office services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 31 Oct 2022 09:39
Last Modified: 31 Oct 2022 09:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17750

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics