Peran Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MIN 3 Demak

Fikri, Muhammad Ahsanul (2021) Peran Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MIN 3 Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703036026_MUHAMMAD_AHSANUL_FIKRI] Text (SKRIPSI_1703036026_MUHAMMAD_AHSANUL_FIKRI)
1703036026_Muhammad Ahsanul Fikri_Full Skripsi - Muhammad ahsanul fikri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kepala madrasah adalah sosok yang memiliki peran besar dalam menjalankan roda organisasi pendidikan. kepala madrasah dalam organisasi sangat dibutuhkan untuk membawa organisasi kepada tujuan yang telah ditetapkan. Peningkatan kinerja guru merupakan prihal yang sangat menentukan keberhasilan lembaga sekolah/madrasah, karena dari gurulah perubahan dalam bidang pendidikan akan dicapai. Faktor guru sangat menentukan terbentuknya peserta didik yang berkualitas. Oleh karena itu peran kepala madrasah sangat dibutuhkan dalam rangka membantu guru agar bisa lebih profesional. Tujuan penelitian ini adalah agar dapat mengetahui: (1) Peran kepala madrasah sebagai educator, supervisor dan motivator dalam meningkatkan kinerja guru di MIN 3 Demak (2) Untuk mendeskripsikan kendala dan solusi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MIN 3 Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Tekhnik yang digunakan pada penelitian yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data yang telah diperoleh dianalisis dengan cara: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Peran kepala madrasah sebagai educator, supervisor dan motivator dalam meningkatkan kinerja guru di MIN 3 Demak adalah a) Sebagai educator, b) Sebagai supervisor, c) Sebagai motivator. (2) kendala dan solusi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MIN 3 Demak adalah a) Kurangnya sarana dan prasarana, b) Penguasaan materi, c) Masih adanya beberapa pendidik yang kurang disiplin. Dengan solusi berusaha untuk memenuhi sarana dan prasarana yang dibutuhkan, mengikutsertakan para guru dalam pelatihan dan workshop, memberikan teguran dan juga selalu mengingatkan akan pentingnya berprilaku disiplin

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Madrasah; Kinerja, Guru.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 31 Oct 2022 07:27
Last Modified: 31 Oct 2022 07:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17757

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics