Pendidikan karakter religius pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa siswa SMP H.Isrianti Semarang

Kurnia, Agung (2022) Pendidikan karakter religius pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa siswa SMP H.Isrianti Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016004_Agung_Kurnia] Text (Skripsi_1803016004_Agung_Kurnia)
Skripsi_1803016004_Agung_Kurnia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan karakter religius sangat penting untuk dilaksanakan karena perkembangan dan perubahan zaman menyebabkan terkikisnya karakter religius siswa. Karakter religius diperlukan oleh siswa karena itu perlu ada solusi dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan langkah-langkah yang dilakukan oleh guru mata pelajaran bahasa indonesia dan bahasa jawa dalam pendidikan karakter religius di SMP H. Isriati Semarang.
Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: Apa sajakah langkah-langkah yang dilakukan oleh guru mata pelajaran bahasa indonesia dan bahasa jawa dalam pendidikan karakter religius siswa di SMP H. Isriati Semarang?. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif lapangan dengan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini, pendidikan karakter religius terlaksana dengan sungguh-sungguh oleh guru bahasa indonesia dan bahasa jawa. Dalam melaksanakan pendidikan karakter religius guru bahasa indonesia dan bahasa jawa melakukan perencanaan yaitu memasukkan pendidikan karakter religius ke dalam RPP, mengajarkan pendidikan karakter religius dengan menghubungkan materi dengan agama, menentukan prioritas, praksis prioritas yaitu dengan pengamalan agama yang dilaksanakan secara nyata seperti berdoa sebelum memulai pembelajaran, membaca Al-Quran dan salat duha, dan melakukan refleksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter; Karakter religius; Siswa SMP
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:00
Last Modified: 02 Nov 2022 02:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17790

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics