Faktor yang mempengaruhi intensi beralih pada bank syariah berdasarkan model theory of planned behaviour (TPB) : studi kasus pada masyarakat Kabupaten Demak

Pratiwi, Ratih Dwi (2022) Faktor yang mempengaruhi intensi beralih pada bank syariah berdasarkan model theory of planned behaviour (TPB) : studi kasus pada masyarakat Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805036099_Ratih_Dwi_Pratiwi] Text (Skripsi_1805036099_Ratih_Dwi_Pratiwi)
Skripsi_1805036099_Ratih_Dwi_Pratiwi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Perbankan syariah Indonesia memiliki potensi dan peluang yang sangat besar untuk dikembangkan, namun masih banyak masyarakat yang belum mengetahui produk/jasa yang ditawarkan sehingga lebih memilih menjadi nasabah bank konvensional. Persebaran bank syariah masih terbatas seperti pada Kabupaten Demak yang hanya terdapat satu bank syariah padahal Kabupaten Demak memiliki penduduk dengan mayoritas beragama Islam. Nasabah perbankan syariah yang relatif rendah dibandingkan bank konvensional disebabkan oleh kurangnya motivasi masyarakat untuk beralih menjadi nasabah bank syariah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi intensi beralih masyarakat Kabupaten Demak terhadap bank syariah dengan menggunakan model Theory of Planned Behaviour (TPB). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive random sampling. Data pada penelitian diproses menggunakan program aplikasi SPSS versi 22. Penelitian dilakukan pada 5 April 2022 sampai 16 Mei 2022. Populasi pada penelitian ini merupakan masyarakat pada Kabupaten Demak yang merupakan nasabah bank konvensional dan belum pernah menjadi nasabah bank syariah. Penelitian mengambil 100 responden sebagai sampel pada penelitian.
Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel sikap, norma subjektif, dan persepsi kontrol keperilakuan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi masyarakat Kabupaten Demak untuk beralih pada bank syariah serta secara simultan atau bersamaan variabel sikap, norma subjektif, dan persepsi kontrol keperilakuan secara positif dan signifikan mempengaruhi intensi masyarakat Kabupaten Demak untuk beralih pada bank syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Behaviour; norma subjektif; bank syariah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 05 Nov 2022 06:28
Last Modified: 05 Nov 2022 06:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17799

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics