Faktor-faktor yang mempengaruhi minat UMKM dalam menggunakan layanan digital banking Bank Syariah Indonesia dengan menggunakan Model Unified Theory of Acceptance and Use Of Technology (UTAUT) : studi kasus pada UMKM Kota Semarang

Gunawan, Diwya Cita (2022) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat UMKM dalam menggunakan layanan digital banking Bank Syariah Indonesia dengan menggunakan Model Unified Theory of Acceptance and Use Of Technology (UTAUT) : studi kasus pada UMKM Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805036105_Diwya_Cita_Gunawan_Lengkap] Text (Skripsi_1805036105_Diwya_Cita_Gunawan_Lengkap)
Skripsi_1805036105_Diwya_Cita_Gunawan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Teknologi informasi saat ini sangat berkembang pesat seiring dengan adanya perubahan zaman baik itu teknologi informasi maupun teknologi komunikasi, saat ini dalam dunia perbankan sedang berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan digital banking. Pertumbuhan penggunaan pada layanan digital banking bank syariah Indonesia saat ini terus meningkat meskipun bank syariah Indonesia masih terbilang baru. Namun dilihat dari pertumbuhan penggunaan layanan digital banking bank syariah Indonesia membawa pengaruh kepada penggunanya, pengaruh tersebut dapat dilihat dari beberapa faktor yaitu faktor ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial dan kondi pemfasilitasi. Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial dan kondisi pemfasilitasi terhadap minat UMKM dalam menggunakan layanan digital bank syariah Indonesia
Penulis melakukan penelitian ini dengan menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan data primer yang dikumpulkan dari informan melalui kuesioner yang disebar, populasi yang diambil dari penelitian ini berasal dari UMKM kota semarang yang menjadi nasabah bank syariah Indonesia dan menggunakan layanan digital banking berupa BSI mobile dan intenet banking BSI. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling, jumlah sampel yang dijadikan sampel sebanyak 100 UMKM yang ada dikota semarang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel ekskpektasi kinerja dan kondisi yang memfasilitasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat UMKM dalam menggunakan layanan digital banking bank syariah Indonesia sedangkan variabel ekspektasi usaha dan pengaruh social tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap minat UMKM dalam menggunakan layanan digital banking bank syariah Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: UMKM; Unified theory of acceptance and use of technology; Bank Syariah Indonesia; Minat; Digital banking
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 07 Nov 2022 01:21
Last Modified: 07 Nov 2022 01:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17801

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics