Pengaruh desain aplikasi dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian pengguna marketplace shopee : studi kasus Mahasiswa UIN Walisongo Semarang

Fikriyyah, Ulya Nurul (2022) Pengaruh desain aplikasi dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian pengguna marketplace shopee : studi kasus Mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805056024_Ulya_Nurul_Fikriyyah_Lengkap] Text (Skripsi_1805056024_Ulya_Nurul_Fikriyyah_Lengkap)
Skripsi_1805056024_Ulya_Nurul_Fikriyyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat khususnya teknologi internet, marketplace Shopee menawarkan aplikasi mobilenya yang memudahkan pengguna untuk melakukan jual beli online melalui smartphone masing-masing. Aplikasi marketplace Shopee memiliki desain aplikasi yang unik, dengan warna oren yang menjadi ciri khasnya, dan merupakan salah satu faktor dalam mempengaruhi peningkatan penjualan. Hal tersebut dibantu dengan adanya kualitas informasi yang baik agar mampu memenuhi kepuasan konsumen seperti yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah desain aplikasi dan kualitas informasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dengan sampel 100 orang responden pengguna marketplace Shopee pada Mahasiswa UIN Walisongo. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel desain aplikasi dan kualitas informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pengguna marketplace Shopee pada mahasiswa UIN Waliosngo Semarang.

ABSTRACT

Rapid technological developments, especially internet technology, Shopee offers a mobile application that makes it easy for users to buy and sell online via their respective smartphones. The Shopee marketplace application has a unique application design, with its characteristic orange color, and is one of the factors in influencing increased sales. This is assisted by the existence of good quality information in order to be able to meet customer satisfaction as expected. This study aims to examine whether application design and information quality affect purchasing decisions. The type of research used in this research is quantitative research. The population of this study were all students of UIN Walisongo Semarang. The method of collecting data is using a questionnaire with a sample of 100 respondents who use the Shopee marketplace at UIN Walisongo students. Analysis of the data used in this study using multiple linear regression analysis with SPSS program. The results of this study indicate that the application design variables and information quality have a positive and significant impact on the purchasing decisions of Shopee marketplace users at UIN Walisongo Semarang students.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Desain aplikasi; Kualitas informasi; Keputusan pembelian; Marketplace shopee
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 07 Nov 2022 07:58
Last Modified: 07 Nov 2022 07:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17821

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics