Hubungan antara kontrol diri dan regulasi emosi dengan intensitas bermain game online pada Mahasiswa UIN Walisongo Semarang

Hasanah, Fa’ilatul (2022) Hubungan antara kontrol diri dan regulasi emosi dengan intensitas bermain game online pada Mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1807016164_Fa_ilatul_Hasanah] Text (Skripsi_1807016164_Fa_ilatul_Hasanah)
Skripsi_1807016164_Fa_ilatul_Hasanah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Game online menjadi salah satu hiburan yang dipilih mahasiswa untuk menghibur diri dari rasa bosan maupun mengisi waktu luang, dimana ketika terlalu banyak waktu yang dihabiskan untuk bermain game justru dapat menjadikan mahasiswa menjadi pecandu game online. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris hubungan antara kontrol diri dan regulasi emosi dengan intensitas bermain game online pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan subjek penelitian mahasiswa UIN Walisongo Semarang berjumlah 100 orang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data menggunakan instrumen skala intensitas bermain game online, skala kontrol diri, dan skala regulasi emosi dengan metode analisis data menggunakan multiple correlation. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan negatif antara kontrol diri dengan intensitas bermain game online yang memiliki nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 dan koefisien korelasi pearson sebesar -0.423, (2) terdapat hubungan negatif antara regulasi emosi dengan intensitas bermain game online yang memiliki nilai signifikansi sebesar 0.001 < 0.05 dan koefisien korelasi pearson sebesar -0.326, serta (3) terdapat hubungan yang signifikan antara kontrol diri dan regulasi emosi dengan intensitas bermain game online yang memiliki nilai signifikansi sebesar 0.000 atau p < 0.05 dengan nilai R 0.470 yang berarti hubungan berada pada taraf sedang. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa ketiga hipotesis yang diajukan dalam penelitian diterima, dengan hasil bahwa ketika kontrol diri dan regulasi emosi yang dimiliki mahasiswa tinggi maka intensitas bermain game online akan rendah begitupun sebaliknya ketika kontrol diri dan regulasi emosi rendah maka intensitas bermain game online tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kontrol diri; Regulasi emosi; Intensitas bermain; Game online; Mahasiswa
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 18 Nov 2022 08:59
Last Modified: 18 Nov 2022 08:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17878

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics