Potensi bioherbisida ekstrak biji mahoni (swietenia mahagoni) dalam menghambat pertumbuhan gulma rumput teki

Novita, Rizki Alfia (2022) Potensi bioherbisida ekstrak biji mahoni (swietenia mahagoni) dalam menghambat pertumbuhan gulma rumput teki. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi _1808016029_Rizki Alfia Novita] Text (Skripsi _1808016029_Rizki Alfia Novita)
Skripsi _1808016029_Rizki Alfia Novita.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Rumput teki merupakan tanaman gulma yang kehadirannya tidak diinginkan oleh para petani yang menanam tanaman budidaya di suatu lahan. Petani banyak menggunakan herbisida kimia untuk menghambat pertumbuhannya. Oleh karena itu tanaman budidaya terkena dampak dari senyawa kimia yang ada pada herbisida alami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak biji mahoni (Sweitenia mahagoni) terhadap pertumbuhan gulma rumput teki (Cyperus rotundus) dan mengetahui konsentrasi ekstrak biji mahoni (Sweitenia mahagoni) yang efektif. Jenis penelitian kuantitatif eksperimental. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL). Penelitian ini menggunakan 5 perlakuan yaitu kontrol (Aquades), ekstrak biji mahoni dengan perbedaan konsentrasi diantaranya konsentrasi 10%, 25%, 50%, 75%. Masing-masing perlakuan diulang sebanyak 3 kali.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak biji mahoni berpengaruh menghambat pertumbuhan rumput teki (Cyperus rotundus) karena kandungan mahoni diantaranya flavanoid dan saponin. Konsentrasi ekstrak yang tinggi menurunkan laju pertumbuhan rumput teki (Cyperus rotundus). Konsentrasi 50 % ekstrak biji mahoni menurunkan laju pertumbuhan rumput teki (Cyperus rotundus).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Gulma; Rumput teki; Ekstrak biji mahoni; Swietenia mahagoni; Laju pertumbuhan
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 580 Plants > 582 Plants noted for specific vegetative characteristics and flowers
600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture > 633 Field and plantation crops
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 46201 - Biologi
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 18 Nov 2022 09:40
Last Modified: 18 Nov 2022 09:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17902

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics