Strategi pemasaran produk simpanan Mutiara pada KSPPS Tamzis Bina Utama Cabang Kejajar

Petricia, Nuke (2022) Strategi pemasaran produk simpanan Mutiara pada KSPPS Tamzis Bina Utama Cabang Kejajar. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TugasAkhir_1905015022_Nuke_Petricia] Text (TugasAkhir_1905015022_Nuke_Petricia)
Skripsi_1905015022_Nuke_Petricia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

KSPPS Tamzis Bina Utama Cabang Kejajar merupakan salah satu dari berbagai lembaga keuangan syariah berbadan hukum koperasi yang berfokus pada bidang jasa keuangan syariah yang melayani pembiayaan serta pendanaan syariah dimana hal tersebut memiliki tujuan untuk membangun ekonomi bagi para umat muslim. Penelitian ini dilatar belakangi oleh produk di KSPPS Tamzis Bina Utama Cabang Kejajar yang paling banyak diminati oleh masyarakat sekitar yang mayoritas pelaku usaha mikro yaitu simpanan mutiara. Produk simpanan mutiara yang merupakan produk simpanan yang terdapat pada pelayanan KSPPS Tamzis Bina Utama dimana simpanan itu dapat diambil sewaktu-waktu dengan menggunakan akad wadiah yad dhamanah.
Oleh karenanya, penulis memberikan sebuah pembahasan mengenai strategi pemasaran dan analisis SWOT produk Simpanan Mutiara di KSPPS Tamzis Bina Utama Cabang Kejajar. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sistem wawancara kepada karyawan KSPPS Tamzis Bina Utama Cabang Kejajar melalui observasi secara langsung terhadap objek tertentu yang berfokus dalam proses pengumpulan data.
Dari hasil penelitian di KSPPS Tamzis Bina Utama Cabang Kejajar ini, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa produk simpanan mutiara merupakan sebuah produk berbentuk tabungan yang mempergunakan akad wadiah yad dhamanah yang penarikan dan penyetorannya bisa diambil sewaktu-waktu dengan menggunakan strategi pemasaran marketing mix 4P yaitu Produk (Product), Harga (Price), Promosi (Promotion), Tempat (Place) dan Analisis SWOT yang terdiri dari 4 faktor yaitu Kekuatan (Srenght), Kelemahan (Weaknesses), Peluang (Oportunities), Ancaman (Threat).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Marketing Mix; Analisis SWOT; Akad Wadiah; KSPPS
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:12
Last Modified: 21 Nov 2022 07:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17919

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics