Strategi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan animo masyarakat di TK IT Permata Hati Semarang

Maulida, Afifah Nurul (2021) Strategi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan animo masyarakat di TK IT Permata Hati Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703036048_AFIFAH_NURUL_MAULIDA] Text (SKRIPSI_1703036048_AFIFAH_NURUL_MAULIDA)
1703036048_Afifah Nurul Maulida_Full Skripsi - Afifah Nurul Maulida.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Persaingan lembaga pendidikan anak usia dini semakin kompetitif hal ini dibuktikan dengan banyaknya pendirian lembaga pendidikan anak usia dini yang menawarkan keunggulan sekolahnya masing-masing. Akan tetapi, dimasa pandemi Covid-19 lembaga pendidikan anak usia dini mengalami penurunan yang sangat drastis, hal ini dikarenakan adanya animo atau minat masyarakat yang rendah untuk menyekolahkan anaknya. Oleh karena itu, lembaga pendidikan anak usia dini membutuhkan strategi pemasaran yang tepat untuk dapat menarik minat masyarakat. Sementara itu, TK IT Permata Hati ditinjau dari strategi pemasaran dapat dikatakan berhasil karena peserta didik selalu meningkat setiap tahunnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran pendidikan yang digunakan dalam meningkatkan animo masyarakat di TK IT Permata Hati. Penelitian ini menggunakan penelitian kulalitatif, dengan metode deskripsi melalui studi lapangan yang di lakukan di TK IT Permata Hati. Adapun perolehan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Strategi pemasaran pendidikan di TK IT Permata Hati yaitu menggunakan bauran pemasaran (marketing mix) agar dapat meningkatkan minat masyarakat, hal ini ditunjukan dengan komponen strategi peasaran yaitu product (produk), Price (harga), place (tempat), promotion (promosi), people (orang), physical evidence (bukti fisik), dan process (proses). (2), dalam meningkatkan animo masyarakat terhadap TK IT Permata Hati dapat di tunjukan dari unsur animo yaitu perasaan senang, perhatian dan motif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran; Animo Masyarakat.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 08 Nov 2022 08:41
Last Modified: 08 Nov 2022 08:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17933

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics