Pelayanan pelanggan Pamsimas Tirto Rowo Desa Rowobranten Kendal berbasis web

Wicaksono, Muh Indra (2022) Pelayanan pelanggan Pamsimas Tirto Rowo Desa Rowobranten Kendal berbasis web. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808096020_Muh_Indra_Wicaksono] Text (Skripsi_1808096020_Muh_Indra_Wicaksono)
Skripsi_1808096020_Muh_Indra_Wicaksono.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Di era yang serba digital ini, sistem informasi bukan lagi hal yang asing dalam masyarakat. Sistem informasi merupakan sebuah transformasi dari sistem manual menuju sistem yang berbasis komputerisasi. Dari penjelasan tersebut diharapkan dengan diterapkannya sistem informasi pelayanan pada PAMSIMAS Tirto Rowo dapat membantu proses pelayanan yang lebih mudah. Tujuan dari penelitian ini yaitu merancang dan membangun sebuah sistem informasi berbasis web untuk diterapkan pada PAMSIMAS Tirto Rowo yang meliputi pencatatan meter pelanggan, penghitungan tagihan, proses pembayaran, proses pengajuan sambungan, pemutusan, perbaikan, dan keluhan pelanggan. Perancangan sistem informasi tersebut menggunakan metode pengembangan System Development Life Cycle (SDLC) dengan pendekatan waterfall yang terdiri atas beberapa tahapan diantaranya yaitu requirement, design, implementation, verification, dan maintenance. Metode pengujian pada penelitian ini yaitu black box testing dan UAT. Dari 35 item pengujian black box, seluruhnya berhasil berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Dari pengujian UAT, mendapatkan hasil skor keseluruhan sebesar 89%. Artinya dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi yang telah dibangun dapat berfungsi dengan sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: PAMSIMAS; Sistem Informasi; Berbasis Web
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 005 Computer programming, programs, data
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 59201 - Teknologi Informasi
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:27
Last Modified: 21 Nov 2022 07:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17936

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics