Strategi petani pada saat pandemi covid-19 : studi pada petani padi sawah di Desa Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes

Aulia, Sindi (2022) Strategi petani pada saat pandemi covid-19 : studi pada petani padi sawah di Desa Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1806026105_Sindi_Aulia] Text (Skripsi_1806026105_Sindi_Aulia)
Skripsi_1806026105_Sindi_Aulia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 banyak mempengaruhi segala aspek kehidupan masyarakat mulai dari bidang sosial, ekonomi, dan juga bidang kesehatan. Pandemi Covid-19 telah menyebar ke berbagai dunia, termasuk Indonesia. Adanya pandemi Covid-19 telah berdampak terhadap petani padi sawah, seperti naiknya harga pupuk atau obat-obatan kimia, sehingga petani padi sawah harus menginvestasikan pendapatan mereka untuk modal kembali. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat pendapatan petani padi sawah pada saat pandemi Covid-19 dan untuk mengetahui bagaimana strategi untuk mempertahankan hidup yang dilakukan petani padi sawah pada saat pandemi Covid-19. Dengan segala keterbatasan terlebih dimasa pandemi saat ini menarik untuk diteliti mengenai bagaimana strategi petani padi sawah pada saat pandemi Covid-19.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, di mana untuk mendeskripsikan serta melihat bagaimana upaya-upaya yang dilakukan oleh petani padi sawah dalam mempertahankan hidupnya di masa pandemi Covid-19. Data lapangan diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara, dan juga dokumentasi serta studi literatur terkait yang sudah pernah dilakukan sebelumnya. Selanjutnya analisis data dilakukan untuk menggambarkan fenomena-fenomena dari data yang sudah ditemukan di lapangan dengan teori yang relevan. Dalam penelitian ini menggunakan teori mekanisme survival yang dicetuskan oleh James C Scott untuk menjabarkan fenomena di lapangan menjadi suatu analisis. Adapun pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana dampak pandemi Covid-19 terhadap petani pasi sawah di Desa Benda, dan bagaimana upaya petani padi sawah dalam mempertahankan hidupnya di masa pandemi Covid-19 di Desa Benda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pandemi Covid-19 berdampak terhadap melonjaknya harga bibit pertanian di Desa Benda, sehingga petani padi sawah harus memfokuskan terhadap modal agar bisa tanam kembali. Dampak adanya pandemi Covid-19 juga berupa menurunnya imunitas petani padi sawah dan relasi sosial. Beberapa upaya yang dilakukan oleh petani padi sawah di Desa Benda agar bisa bertahan hidup. Upaya-upaya yang dilakukan berupa berdagang kecil-kecilan, menjual hasil pertanian, berhemat, dan bekerja di luar sektor pertanian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Petani padi; Sawah; Pandemi covid-19
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture > 633 Field and plantation crops
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:44
Last Modified: 21 Nov 2022 07:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17944

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics