Pengembangan desa wisata di kawasan wisata Bendungan Logung : studi di Desa Kandangmas Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus

Handayani, Anisa Tri (2022) Pengembangan desa wisata di kawasan wisata Bendungan Logung : studi di Desa Kandangmas Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1806016024_Anisa_Tri_Handayani] Text (Skripsi_1806016024_Anisa_Tri_Handayani)
Skripsi_1806016024_Anisa_Tri_Handayani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pembangunan dan Pengembangan wisata di Desa Kandangmas sangat penting untuk dilakukan karena akan memberikan perubahan dan keberlangsungan baik jangka pendek maupun jangka panjang bagi masyarakat lokal maupun pemerintah Kabupaten Kudus. Hal tersebut menjadi fokus kajian dalam skripsi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembangunan sektor wisata dan hubungan agen dengan struktur dalam pengembangan wisata Bendungan Logung.
Penelitian ini ditulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan penulis dalam penelitian yaitu menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori strukturasi Anthony Giddens yang dikontekstualikan dalam pengembangan desa wisata di kawasan wisata Bendungan Logung di Desa Kandangmas Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan politik yang dilakukan dalam konteks pengembangan wisata Bendungan Logung sudah berjalan dengan baik, tetapi dari pihak pemerintah desa belum maksimal dalam berkontribusi langsung terkait pengembangan wisata bendungan logung, belum adanya perdes tentang wisata di desa, perijinan dari BBWS semarang belum keluar, dana desa belum sepenuhnya dialokasikan untuk pembangunan wisata, sementara peran agen anatara pokdarwis dan karang taruna lebih dominasi oleh pokdarwis. Pokdarwis menjalankan pengembangan wisata menggunakan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada untuk mengembangkan potensi wisata Bendungan Logung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; Desa Wisata; Wisata
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 321 Systems of governments and states
300 Social sciences > 360 Social services; association > 361 General social problems and services
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 21 Nov 2022 08:39
Last Modified: 21 Nov 2022 08:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17948

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics