Peran orang tua dalam mendidik moderasi beragama pada anak di Pelang Mayong Jepara

Ningrum, Aldita Wahyu (2022) Peran orang tua dalam mendidik moderasi beragama pada anak di Pelang Mayong Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016190_Aldita_Wahyu_Ningrum] Text (Skripsi_1803016190_Aldita_Wahyu_Ningrum)
Skripsi_1803016190_Aldita_Wahyu_Ningrum.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian Kualitatif ini bersandar pada tiga jenis data: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Partisipan riset melibatkan 8 orang, 4 orang tua dan 4 anak. Hasil penelitian menunjukkan pendidikan moderasi beragama di dalam keluarga mendorong orang tua memainkan tiga peran yaitu: 1) peran sebagai model (uswatun hasanah), 2) peran sebagai pengawas, 3) peran sebagai pembimbing. Metode yang diterapkan oleh orang tua dalam memberikan moderasi beragama pada anak selaras dengan peran yang dimainkan. Pertama, metode pembiasaan di gunakan ketika orang tua memainkan peran sebagai panutan. kedua, medote pembiaran anak berinteraksi dengan teman sebayanya ketika orang tua menerapkan peran sebagai pengawas. ketiga, metode pemberian kesempatan anak bersosialisasi pada lingkungan sosial diterapkan ketiak orang tua memainkan peran sebagai pembimbing. Hasil riset ini merekomendasikan pentingnya literasi orang tua tantang peran dan metode yang harus diterapkan di dalam mendidik moderasi beragama pada anak di rumah dengan melihat perkembangan intelektual dan psikologi anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua; Moderasi Beragama; Pendidikan keluarga; Anak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 21 Nov 2022 08:41
Last Modified: 21 Nov 2022 08:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17950

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics