Penerapan etika kerja islami pada karyawan BMT Walisongo Mijen Semarang

Utomo, Wahyu Widi (2022) Penerapan etika kerja islami pada karyawan BMT Walisongo Mijen Semarang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TugasAkhir_1905015023_Wahyu_Widi_Utomo] Text (TugasAkhir_1905015023_Wahyu_Widi_Utomo)
Skripsi_1905015023_Wahyu_Widi_Utomo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai penerapan etika kerja islami pada karyawan BMT Walisongo Mijen Semarang. Dalam rangka meningkatkan etika kerja islami karyawan yang juga dapat berpegaruh pada meningkatnya kualitas kerja Sumber Daya Manusia. Dalam BMT peran karyawan sangatlah penting untuk pencapaian suatu organisasi, untuk itulah penting bagi karyawan untuk bersikap sesuai dengan aturan yang ditetapkan.
Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Sedangkan untuk metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa etika kerja islami di BMT Walisongo Mijen Semarang sudah baik. Dalam etika kerja islami, karyawan harus bertutur kata yang baik, ramah dan sopan, begitu pula BMT Walisongo Mijen Semarang juga sudah menerapkannya. Karyawan harus menerapkan etika kerja islami dengan memberikan pelayanan yang optimal dan ihsan (berbuat baik) dalam segala hal, apalagi dalam hal pengabdian kepada masyarakat. BMT juga harus berlandaskan pada keimanan, kekeluargaan, keterpaduan (kaffah), dan kebersamaan dalam proses pengelolaan dan profesionalisme. Akan tetapi di BMT Walisongo Mijen Semarang masih terdapat masalah dalam etika kerja islami karyawan yaitu mengenai kedisiplinan. Seperti masih terdapat karyawan yang datang terlambat dan masih sering terjadi karyawan yang mengulur-ngulur waktu saat jam istirahat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Etika Kerja Islami; Karyawan; BMT
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.3 Personnel management (Manajemen personalia, SDM)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 21 Nov 2022 08:44
Last Modified: 21 Nov 2022 08:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17953

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics