Strategi peningkatan penggunaan aplikasi M-Tamzis oleh anggota KSPPS Tamzis Bina Utama Cabang Kretek, Wonosobo

Najmnur, Laila Alfancha (2022) Strategi peningkatan penggunaan aplikasi M-Tamzis oleh anggota KSPPS Tamzis Bina Utama Cabang Kretek, Wonosobo. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TugasAkhir_1905015024_Laila_Alfancha_Najmnur] Text (TugasAkhir_1905015024_Laila_Alfancha_Najmnur)
Skripsi_1905015024_Laila_Alfancha.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini didorong oleh adanya inovasi layanan menggunakan teknologi disediakan di KSPPS Tamzis Bina Utama berupa aplikasi yang menyerupai mobile banking yang bertujuan untuk memberi kemudahan bagi anggota KSPPS Tamzis Bina Utama khususnya dalam mendapatkan keadministrasian yang ditawarkan.
Kontes dalam ranah perbankan atau lembaga moneter lainnya, mengharuskan Tamzis meng-upgrde kualitas layanannya menggunakan teknologi mobile banking atau yang dikenal sebagai Mobile Tamzis (M-Tamzis). Pada masa sekarang, nasabah dalam dunia perbankan sangat menggemari layanan mobile banking tersebut. Hal inilah yang mendasari Tamzis untuk memberikan kerangka yang sebanding. Melalui M-Tamzis masyarkat dapat mengetahui bahwa berbagai macam transaksi dapat dilakukan hanya melalui satu aplikasi.
Namun demikin pemahaman anggota tentang pemakaian M-Tamzis masih sangat kurang, oleh karena itu berbagai cara dilakukan Tamzis untuk mengenalkan aplikasi tersebut melalui brosur, iklan, atau jejaring sosial. Dari pengenalan tersebut, anggota dapat mengetahui mengenai penerapan M-Tamzis, tujuan, keuntungan serta kemudahan yang anggota dapat saat menggunakan M-Tamzis.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisa deskriptif melalui persepsi dan informasi wawancara untuk melihat untaian perjalanan yang terdapat di KSPPS Tamzis Bina Utama. Mengingat hasil tinjauan, informasi yang diperoleh yakni alur untuk aktivasi akun M-Tamzis yakni mendatangi kantor cabang Tamzis, menjadi anggota di KSPPS Tamzis Bina Utama, mengunduh aplikasi M-Tamzis, mengisi formulir permohonan aktivas M-Tamzis, melakukan proses aktivasi, dan mengganti password/PIN. Serta strategi yang digunakan untuk meningkatkan penggunaan M-Tamzis terdapat empat strategi yaitu mewajibkan anggota melakukan aktivasi akun, mengharuskan tim marketing bisa menjelaskan keunggulan M-Tamzis, memasang target untuk jumlah aktivasi bagi tim marketing, dan melakukan peningkatan dan pembaruan perangkat. Kemudian diketahui ada empat kendala yang dialami dalam pemakaian aplikasi M-Tamzis antara lain tidak bisa diakses selain di ponsel android, rawan kejahatan online, rawan terkena serangan malware atau virus, dan kondisi jaringan sangat berpengaruh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Teknologi mobile banking; Mobile Tamzis; KSPPS
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 21 Nov 2022 08:45
Last Modified: 21 Nov 2022 08:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17955

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics