Mekanisme sistem penghimpunan dana pihak ketiga pada BMT Aulia Magelang

Restu, Hanif (2022) Mekanisme sistem penghimpunan dana pihak ketiga pada BMT Aulia Magelang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905015054_Hanif_Restu] Text (Skripsi_1905015054_Hanif_Restu)
Skripsi_1905015054_Hanif_Restu.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

BMT Amanah Usaha Mulia (AULIA) Magelang berjalan pada jasa keuangan mikro syariah, Dalam berkegiatan, BMT AULIA Magelang membutuhkan dana yang salah satunya dapat bersumber dari Anggota. Produk simpanan yang banyak digunakan oleh anggota adalah produk SIRELA, namun juga banyak dari anggota yang masih belum mengetahui tentang mekanisme dan bagaimana proses bagi hasil dari produk SIRELA. SIRELA singkatan dari Simpanan Sukarela, produk ini merupakan gambaran dari produk simpanan dengan berlandaskan pada akad mudharabah. Penelitian ini dirumuskan berdasarkan pada bagaimana mekanisme sistem penghimpunan dana pihak ketiga pada BMT AULIA Magelang. Untuk data yang dipakai adalah data kualitatif, di dalamnya tercantum data primer yang diperoleh langsung pada saat wawancara dan observasi langsung di BMT AULIA Magelang dan sedangkan untuk data sekunder diperoleh lewat data yang ada di buku BMT AULIA Magelang. Dari data-data tersebut yang sudah diperoleh akan dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis. Mekanisme produk SIRELA pada BMT AULIA Magelang dapat dikatakan terstruktur. Hal tersebut dibuktikan dari adanya mekanisme untuk menjadi anggota produk SIRELA, dikarenakan adanya beberapa mekanisme mulai dari cara menjadi anggota, bagaimana mekanisme penyetoran dan penarikan saldo tabungan SIRELA melalui langsung ke kantor BMT atau melalui petugas marketing dan bagaimana mekanisme jika anggota ingin melakukan penutupan tabungan. Akad yang pakai adalah mudharabah muthlaqah, sebuah akad bagi hasil yang di mana anggota (pemilik dana) tidak memberi syarat kepada BMT (pengelola dana) untuk melakukan usaha tertentu. Persentase bagi hasil yang digunakan pada produk tabungan SIRELA pada BMT AULIA ialah 20:80. Dengan penjelasan bahwa anggota mendapatkan 20% dari keuntungan dan 80% dari keuntungan adalah hak milik BMT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: BMT Aulia Magelang; Mekanisme; Simpanan; Akad Mudharabah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.4 Uang
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 23 Nov 2022 06:19
Last Modified: 23 Nov 2022 06:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18025

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics