Analisis penerapan prinsip 5C dalam menekan resiko pembiayaan murabahah di BMT Walisongo Mijen Semarang

Irpangestu, Ibtisamah Dita (2022) Analisis penerapan prinsip 5C dalam menekan resiko pembiayaan murabahah di BMT Walisongo Mijen Semarang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905015056_Ibtisamah_Dita_Irpangestu] Text (Skripsi_1905015056_Ibtisamah_Dita_Irpangestu)
Skripsi_1905015056_Ibtisamah_Dita_Irpangestu.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

BMT Walisongo Mijen merupakan suatu Lembaga keuangan yang memberikan jasa pembiayaan pada masyarakat, tertutama membantu pembiayaan pada masyarakat ekonomi menengah ke bawah, dengan menggunakan pembiayaan murabahah. Dalam pembiayaan tersebut ada resiko yang tidak memenuhi syarat untuk membayar pembiayaan yang sudah diambil dalam masa pemberian pembiayaan. Dalam melakukan salah satu tugasnya adalah menyalurkan dana berbentuk pembiayaan murabahah. BMT Walisongo Mijen sangat wajib mencermati prinsip 5C, yaitu character, capacity, capital, condition serta collatelar agar tidak terjadi pembiayaan bermasalah dikemudian hari. Salah satu produk pembiayaan di BMT Walisongo Mijen yang banyak diminnati oleh nasabah ialah pembiayaan murabahah. Prihal ini dikarenakan prosedur dari pembiayaan yang mudah dilaksanakan.

Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field reserch), dengan pendekatan kualitatif. Data yang dimasukan kedalam penelitian ini merupakan data primer dan data sekunder yang di dapatkan Ketika melakukan wawancara dan dokumentasi. Data-data yang sudah didapatkan kemudian di analisis menggunakan metode deskriptif analitis. Kendala yang dialami BMT Walisongo Mijen dalam mengimplementasikan 5C ialah pada saat mencari data nasabah terkadang tidak jujur pada saat memberikan keterangan mengenai pendapatan dan pengeluaran, jaminan yang diberikan tidak sebanding dengan permintaan pembiayaan diajukan, realisasi dalam pemakaian pembiayaan tersebut dapat disalah gunakan oleh nasabah.
Dari pengangkatan judul Implementasi 5C dalam Proses Analisis Pembiayaan Murabahah di BMT Walisongo Mijen, maka dapat dirumuskan permasalahan yakni Bagaimana Implementasi 5C dalam proses pembiayaan murabahah di BMT Walisongo Mijen, serta apa hambatan yang dialami BMT Walisongo Mijen dalam mengimplementasikan 5C dalam proses analisis pembiayaan murabahah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Murabahah; Prinsip 5C; BMT Walisongo Mijen
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 23 Nov 2022 06:21
Last Modified: 23 Nov 2022 06:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18026

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics