Problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV tema 9 subtema 1 (kekayaan sumber energi di indonesia) MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang

Nikmah, Khoirun (2022) Problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV tema 9 subtema 1 (kekayaan sumber energi di indonesia) MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803096011_Khoirun_Nikmah] Text (Skripsi_1803096011_Khoirun_Nikmah)
Skripsi_1803096011_Khoirun_Nikmah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Desain penelitian yang digunakan adalah true experimental design dengan bentuk pretest posttest control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VI A sebagai kelas eksperimen dan kelas VI B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor pretest ke posttest kelas eksperimen 0,87 (setara 87%) lebih besar dari pada kelas kontrol 0,82 (setara 82%). Berdasarkan perhitungan uji analisis data yang dilakukan diperoleh Sig (2-tailed) kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,034 < 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV tema 9 subtema 1 (Kekayaan Sumber Energi di Indonesia) MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang. Dengan besar persentase pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 12,25%.
Model Pembelajaran Problem Based Learning; Pembelajaran Tematik; Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; problem based learning; pembelajaran tematik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 26 Nov 2022 02:26
Last Modified: 26 Nov 2022 02:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18028

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics