Penerapan algoritma deklinasi matahari dan equation of time jean meeus low accuracy untuk menentukan arah kiblat

Mulyani, Dinar Esti (2022) Penerapan algoritma deklinasi matahari dan equation of time jean meeus low accuracy untuk menentukan arah kiblat. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_Lengkap_1802046086_Dinar_Esti_Mulyani] Text (Skripsi_Lengkap_1802046086_Dinar_Esti_Mulyani)
Skripsi_1802046086_Dinar_Esti_Mulyani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Salah satu pembahasan yang tidak bisa dipisahkan dari Ilmu Falak adalah mengukur arah kiblat. Terdapat beberapa metode pengukuran arah kiblat, salah satunya metode segitiga siku-siku dari bayangan matahari setiap saat. Namun dalam praktiknya, terdapat kendala seperti mendung dan human error saat proses perhitungan. Untuk memudahkan perhitungan, penulis mencoba membuat Excel penerapan algoritma deklinasi matahari dan equation of time Jean Meeus low accuracy untuk menentukan arah kiblat. Algoritma Jean Meeus low accuracy dipilih karena algoritma Jean Meeus high accuracy terlalu rumit.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembuatan Excel penerapan algoritma deklinasi matahari dan equation of time Jean Meeus low accuracy untuk menentukan arah kiblat, dan sejauh mana akurasi penerapan algoritma deklinasi matahari dan equation of time Jean Meeus low accuracy untuk menentukan arah kiblat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan matematis dan studi kepustakaan (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan uji coba dan komparasi.
Penelitian ini menghasilkan dua temuan. Pertama, tahapan pembuatan Excel penerapan deklinasi matahari dan equation of time Jean Meeus low accuracy, yaitu: mengumpulkan data, menghitung deklinasi matahari, menghitung equation of time, menghitung arah kiblat (B) dan azimuth kiblat, menghitung arah matahari (A) dan azimuth matahari, menghitung sudut kiblat dari bayangan matahari (Q), dan mencari sisi segitiga siku-siku. Kedua, penerapan deklinasi matahari dan equation of time Jean Meeus low accuracy untuk menentukan arah kiblat masih cukup akurat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Deklinasi Matahari; Equation of Time Algoritma Jean Meeus low accuracy; Arah Kiblat; Excel
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 26 Nov 2022 04:51
Last Modified: 26 Nov 2022 04:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18037

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics