Manajemen layanan perpustakaan dalam meningkatkan literasi siswa di SMAN 30 Jakarta

Amir, Muhammad Riyas (2022) Manajemen layanan perpustakaan dalam meningkatkan literasi siswa di SMAN 30 Jakarta. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Manajemen layanan perpustakaan dalam meningkatkan literasi siswa di sekolah bisa diwujudkan dengan menjalankan ketiga indikator strategi meningkatkan literasi siswa, yaitu lingkungan fisik sekolah menyediakan sudut baca setiap ruangan di sekolah, dan memajang hasil karya siswa setiap area di sekolah. Pada lingkungan sosial sekolah memberikan penghargaan siswa berprestasi atau siswa yang memiliki semangat belajar, dan sekolah mengadakan peringatan hari besar nasional dengan berbagai kegiatan literasi. Pada lingkungan akademik sekolah memberikan kesempatan kepada guru dan staf untuk mengikuti pelatihan atau workshop literasi, dan sekolah memberikan alokasi waktu untuk melaksanakan pembelajaran literasi siswa di kelas.
Pada kajian skripsi ini, peneliti memilih dua rumusan masalah, yaitu bagaimana manajemen layanan perpustakaan dalam meningkatkan literasi siswa di SMAN 30 Jakarta, dan apa saja kelebihan dan kekurangan dari manajemen layanan perpustakaan dalam meningkatkan literasi siswa di SMAN 30 Jakarta.
Pada kajian skripsi ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik pengambilan sampling penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Berikut nama-nama informant pada penelitian ini, yaitu Ibu Ratu Mulyanengsih, M.Pd (wakil kepala sekolah SMAN 30 Jakarta), Bapak Drs. Amiruddin (kepala perpustakaan SMAN 30 Jakarta), Ibu Dessy Maryanti, S.Pd (pustakawan SMAN 30 Jakarta), Zahra Arzam (siswa SMAN 30 Jakarta). Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, verifikasi serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Manajemen layanan perpustakaan dalam meningkatkan literasi siswa di SMAN 30 Jakarta berjalan baik dengan ketiga indikator terpenuhi, penjabaran sebagai berikut: pada lingkungan fisik SMAN 30 Jakarta menyediakan sudut baca setiap ruangan di sekolah, yaitu sudut baca kelas, sudut baca kantin, sudut baca di depan kantor tata usaha, dan sudut baca perpustakaan, dan memajang hasil karya siswa setiap area di sekolah, yaitu di depan perpustakaan, di depan ruang multimedia, di depan ruang guru, dan di lorong tangga sekolah. Pada lingkungan sosial SMAN 30 Jakarta sangat mengapresiasi kepada siswa berprestasi dan mengadakan peringatan hari besar nasional dengan kegiatan literasi. Pada lingkungan akademik SMAN 30 Jakarta melakukan pembelajaran literasi sebelum pelajaran pertama dimulai, dan memberikan kepada guru, staf dan pustakawan untuk mengikuti pelatihan guna mengembangkan kompetensi literasi. (2) Manajemen layanan perpustakaan dalam meningkatkan literasi di SMAN 30 Jakarta mempunyai kelebihan dan kekurangan, yaitu SMAN 30 Jakarta berhasil menjalankan sesuai ketiga indikator meningkatkan literasi siswa, namun pada keberhasilan sekolah menjalankan ketiga indikator tersebut ditemukan kekurangannya, yaitu terbatas waktu melakukan kegiatan literasi di sekolah disebabkan kondisi pandemi Covid 19 sehingga sekolah membuat peraturan baru bahwa semua siswa harus pulang pada jam 10.30 WIB.
Hasil penelitian ini memberikan saran bahwa manajemen layanan perpustakaan dalam meningkatkan literasi siswa layak dijadikan suatu strategi meningkatkan kemampuan literasi siswa di SMAN 30 Jakarta dengan memperhatikan ketiga indikator, yaitu lingkungan fisik, lingkungan sosial, dan lingkungan akademik. Diharapkan sekolah mengoptimalkan dalam menjalankan ketiga indikator tersebut supaya dapat meningkatkan literasi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen layanan; Perpustakaan SMA 30; Literasi siswa
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 025 Library operations
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 24 Nov 2022 03:55
Last Modified: 03 Jan 2023 03:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18045

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics