Pengaruh corporate social responsibility (CSR) terhadap minat menabung di BMT Bahtera Pekalongan

Ma’ruf, Ma’ruf (2013) Pengaruh corporate social responsibility (CSR) terhadap minat menabung di BMT Bahtera Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 092411094_Coverdll.pdf]
Preview
Text
092411094_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 092411094_Bab1.pdf]
Preview
Text
092411094_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 092411094_Bab2.pdf]
Preview
Text
092411094_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 092411094_Bab3.pdf]
Preview
Text
092411094_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 092411094_Bab4.pdf]
Preview
Text
092411094_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of 092411094_Bab5.pdf]
Preview
Text
092411094_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (17kB) | Preview
[thumbnail of 092411094_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
092411094_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (15kB) | Preview

Abstract

Akhir-akhir ini program Corporate Social Responsibility (CSR) atau dikenal di Indonesia dengan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL), yang sekarang ini sedang gencar-gencarnya dilakukan oleh setiap perusahaan-perusahaan di Indonesia. Termasuk perusahaan yang berbentuk lembaga keuangan atau perbankan.
Tetapi di lapangan, usaha perusahaan atau lembaga keuangan sekarang masih fokus memberikan portofolio pembiayaan hanya kepada kalangan masyarakat dengan status ekonomi baik (yang mampu memberikan agunan), sehingga akan semakin terlihat kesenjangan kesejahteraan masyarakat. Jika fenomena seperti itu terus terjadi, maka banyak masyarakat dan stakeholders merasa kecewa dan mempunyai kesan yang tidak baik, akibatnya masyarakat enggan untuk tertarik atau menabung di lembaga keuangan tersebut.
Apabila perbankan menghendaki kehidupan usaha berlangsung dalam jangka panjang (survive) dan ingin diminati oleh masyarakat, maka harus mampu memberi jawaban pada kebutuhan (ekspektasi) masyarakat serta harus mampu memberikan pengembalian yang tak ternilai bukan hanya prioritas terhadap tanggung jawab menciptakan keuntungan yang sebesar-besarnya, melainkan mampu mengaplikasikan tanggung jawab dalam arti luas yaitu konsep Corporate Social Responsibility (CSR).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh CSR terhadap minat masyarakat untuk menabung. Populasi penelitian ini adalah semua nasabah BMT Bahtera Pekalongan dan pengambilan sampel adalah simple random sampling sebanyak 100 responden dengan menggunakan rumus slovin. Metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan kuesioner. Sedangkan tehnik analisis data menggunakan regresi berganda.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis CSR dengan indikator tanggung jawab ekonomi, hukum, etis, dan Pilantropis secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap minat, dengan uji F memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (17,104 > 3,09) pada taraf signif ikansi 5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR); Minat Menabung; Bank Muamalah wa Tamwil (BMT)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 60202 - Ekonomi Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 03 Apr 2014 07:12
Last Modified: 03 Apr 2014 07:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1805

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics