Peran kepala madrasah dalam meningkatkan produktivitas tenaga kependidikan di MI Islamiyyah Pringlangu 01 Pekalongan

Octaviyana, Eva (2022) Peran kepala madrasah dalam meningkatkan produktivitas tenaga kependidikan di MI Islamiyyah Pringlangu 01 Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803036042_Eva_Octaviyana] Text (Skripsi_1803036042_Eva_Octaviyana)
Skripsi_1803036042_Eva_Octaviyana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Peran kepala madrasah faktor terpenting dalam suatu organisasi. Tindakan pemimpin akan mempengaruhi gerak suatu organisasi. Peran serta kepala madrasah sangat besar dalam mempengaruhi produktivitas tenaga kependidikan yang efektif dan efisien. Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: 1) Bagaimana peran edukator kepala madrasah dalam produktivitas tenaga kependidikan di MI Islamiyyah Pringlangu 01 Pekalongan? 2) Bagaimana peran manajer kepala madrasah dalam meningkatkan produktivitas tenaga kependidikan di MI Islamiyyah Pringlangu 01 Pekalongan? 3) Bagaimana peran motivator kepala madrasah dalam meningkatkan produktivitas tenaga kependidikan di MI Islamiyyah Pringlangu 01 Pekalongan?
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulan data penelitian ini yaitu melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknis analisis data menggunakan beberapa langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa peran kepala madrasah dalam meningkatkan produktivitas tenaga kependidikan, menunjukkan bahwa, 1) Kepala madrasah sebagai edukator senantiasa melakukan bimbingan, pengarahan, setiap rapat awal tahun ajaran dan mengajak sharing terhadap tugas dan tanggung jawab para tenaga kependidikan yang dilakukan sebulan sekali minggu pertama 2) Kepala madrasah sebagai manajer senantiasa mengikutsertakan tenaga kependidikan untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan yang bekerja sama dengan lembaga setempat seperti pelatihan pembuatan perpustakaan digital, pelatihan pembuatan RKAM, BOS dan EDM dan 3) Kepala madrasah sebagai motivator diharapkan mampu meningkatkan produktivitas tenaga kependidikan yang ada di MI Islamiyyah Pringlangu 01 Pekalongan seperti memberikan masukan dengan pendekatan personal, komunikasi yang baik dengan tenaga kependidikan, pengarahan disiplin kerja ke pihak pengurus Yayasan, memberikan penghargaan fasilitas penunjang pekerjaan, mengajak rekreasi para tenaga kependidikan dan menawarkan bantuan dan solusi terhadap masalah yang dihadapi oleh tenaga kependidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran kepala madrasah; Produktivitas tenaga kependidikan; MI Islamiyyah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 25 Nov 2022 08:46
Last Modified: 25 Nov 2022 08:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18052

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics