Pengaruh model Number Head Together (NHT) berbantu media tiga dimensi terhadap kemampuan kognitif siswa materi bangun ruang kelas V MI Al–Qoryah Wanarejan Kabupaten Pemalang

Umaroh, Khomsah (2022) Pengaruh model Number Head Together (NHT) berbantu media tiga dimensi terhadap kemampuan kognitif siswa materi bangun ruang kelas V MI Al–Qoryah Wanarejan Kabupaten Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803096052_Khomsah_Umaroh] Text (Skripsi_1803096052_Khomsah_Umaroh)
Skripsi_1803096052_Khomsah_Umaroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari penggunaan model pembelajaran yang monoton dan jarang menggunakan media pembelajaran yang diterapkan di MI Al-Qoryah Wanarejan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui besarnya pengaruh model Number Head Together (NHT) berbantu media tiga dimensi terhadap kemampuan kognitif siswa materi bangun ruang kelas V MI Al-Qoryah Wanarejan. Pengaruh pada penelitian ini ditunjukan dengan adanya perbedaan kemampuan kognitif siswa ketika pretest dan posttest siswa kelas eksperimen.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan desain Pre-Eksperimental tipe One Group Pretest-Posttest Desaign. Populasi penelitian ini yaitu kelas V yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas ekperimen. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data yang untuk pengaruh 2 variabel yaitu menggunakan uji regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil perhitungan koefisiensi persamaan uji regresi linier sederhana diperoleh thitung sebesar 4,077 > ttabel 2,040 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, sedangkan pada perhitungan determinasi sebesar 34,9%. Hal ini menunjukan bahwa model Number Head Together (NHT) berbantu Media Tiga Dimensi berpengaruh terhadap kemampuan kognitif siswa materi bangun ruang kelas V MI Al-Qoryah Wanarejan dan memberikan kontribusi sebesar 34,9% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Number Head Together (NHT); Media pembelajaran; Media tiga dimensi; Hasil belajar; Kemampuan kognitif; Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 28 Nov 2022 03:41
Last Modified: 28 Nov 2022 03:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18055

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics