Pengaruh model scramble terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran pkn kelas IV MI Ma’arif Nu Al-Falaah Klaten Tahun 2021-2022

Hasna, Azzahro (2022) Pengaruh model scramble terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran pkn kelas IV MI Ma’arif Nu Al-Falaah Klaten Tahun 2021-2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803096056_Azzahro_Hasna] Text (Skripsi_1803096056_Azzahro_Hasna)
Skripsi_1803096056_Azzahro_Hasna.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen yang menggunakan desain “ One Group Pretest-posttest Design”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model scramble terhadap hasil belajar PKn pada murid kelas IV Ma’arif NU Al-Falaah Klaten. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial (Uji t/t-hitung). Berdasarkan hasil analisis data, terlihat bahwa ada pengaruh penggunaan model scramble terhadap hasil belajar PKn peserta didik kelas IV MI Ma’arif NU Al-Falaah Klaten dengan nilai thitung sebesar 11,336. Berdasarkan nilai thitung tersebut dapat dibandingkan dengan nilai ttabel df = N – 1 = 20 – 1 = 19, maka diperoleh ttabel = 2,093 (signifikansi 0,05). Setelah diperoleh thitung = 11,336 dan ttabel = 2,093 maka diperoleh thitung > ttabel atau 11,336 > 2,093. Dari perbandingan hasil thitung dan ttabel menunjukkan bahwa hipotesis penelitian yang diajukan diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model scramble; PKn; metode belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 26 Nov 2022 03:16
Last Modified: 26 Nov 2022 03:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18059

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics