Pengaruh penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap hasil belajar kognitif PKN siswa kelas III MI Matholi’un Najah Pati

Rahmawati, Devi Alfina (2022) Pengaruh penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap hasil belajar kognitif PKN siswa kelas III MI Matholi’un Najah Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803096083_Devi_Alfina_Rahmawati] Text (Skripsi_1803096083_Devi_Alfina_Rahmawati)
Skripsi-1803096083_Devi_Alfina_Rahmawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar
kognitif PKn siswa karena guru masih menggunakan metode
konvensional, seperti ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap hasil
belajar kognitif PKn siswa kelas III MI Matholi’un Najah Pati.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan
pendekatan kuantitatif. Desain eksperimen dalam penelitian ini
adalah pre-eksperimental dengan bentuk one group pretest-posttest.
Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas III MI Matholi’un Najah Pati yang berjumlah 18 siswa. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi,
wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan uji paired sample t-test dengan taraf signifikansi
5% dan dk= 17, diperoleh nilai thitung (7,0628) > ttabel (2,110) maka Ha
diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan analisis koefisien korelasi
biserial pada taraf signifikansi 5% dan dk = 16, diperoleh nilai rhitung
(0,7646) > rtabel (0,4683) maka Ha diterima dan H0 ditolak.
Berdasarkan analisis koefisien determinasi, diperoleh KD sebesar
58,46%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan
strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap hasil belajar kognitif
PKn siswa kelas III MI Matholi’un Najah Pati dengan pengaruh
sebesar 58,46% dan sisanya 41,54% dipengaruhi oleh variabel lain.
Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle; Hasil

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran; Kognitif; PKn; Crossword puzzle; Siswa kelas III
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 25 Nov 2022 08:49
Last Modified: 25 Nov 2022 08:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18070

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics