Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya peningkatan kompetensi guru di SMA Ky Ageng Giri Mranggen Demak

Adila, Zulfiana Nur (2022) Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya peningkatan kompetensi guru di SMA Ky Ageng Giri Mranggen Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803036066_Zulfiana_Nur_Adila] Text (Skripsi_1803036066_Zulfiana_Nur_Adila)
Skripsi_1803036066_Zulfiana_Nur_Adila.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kepala sekolah sebagai pemimpin suatu lembaga pendidikan harus memiliki cara atau gaya dalam melaksanakan tanggungjawabnya sebagai pemimpin. Gaya kepemimpinan kepala sekolah sangat berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pendidikan, salah satunya adalah dalam peningkatan kompetensi guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan cara: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Gaya kepemimpinan otokratis kepala sekolah yaitu tidak memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada anggotanya, kepala sekolah agak sedikit menggunakan unsur paksaan dalam mengikutsertakan para guru dalam mengikuti pelatihan-pelatihan 2) Gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah yaitu kepala sekolah selalu mengedepankan koordinasi, meminta kritik dan saran dari para guru, memberikan arahan kesempatan,dan dukungan penuh kepada para guru untuk mengembangkan profesinya.. 3) Faktor pendukungnya adalah: adanya antusias dari para guru, hubungan yang baik antara kepala sekolah dan guru, dan adanya komitmen dari kepala sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu perilaku kepemimpinan kepala sekolah, sarana dan prasarana dan rendahnya kompetensi sebagian guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Gaya kepemimpinan; kepala sekolah; kompetensi guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 26 Nov 2022 06:59
Last Modified: 26 Nov 2022 06:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18080

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics