Manajemen ekstrakurikuler jurnalistik untuk meningkatkan minat baca peserta didik di MAN 1 Pati

Azizah, Sofie Hanna (2022) Manajemen ekstrakurikuler jurnalistik untuk meningkatkan minat baca peserta didik di MAN 1 Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803036076_Sofie_Hanna_Azizah] Text (Skripsi_1803036076_Sofie_Hanna_Azizah)
Skripsi_1803036076_Sofie_Hanna_Azizah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Minat merupakan potensi yang dimiliki seseorang untuk membaca secara sukarela. Akan tetapi peringkat membaca di Indonesia sangat ironis. Penelitian ini bertujuan mengetahui manajemen ekstrakurikuler jurnalistik untuk meningkatkan minat baca peserta didik di MAN 1 Pati tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif terkait dengan manajemen ekstrakurikuler jurnalistik di MAN 1 Pati. Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan cara: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: a) Manajemen dalam ekstrakurikuler jurnalistik di MAN 1 Pati telah dilaksanakan dengan menerapkan empat fungsi manajen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. b) Faktor pendukung dan penghambat minat baca peserta didik antara lain: belum menemukan jati diri, kemajuan teknologi (terutama penggunaan HP dan internet), bahan bacaan, sarana prasarana. c) Minat baca peserta didik di MAN 1 Pati mengalami peningkatan yang cukup signifikan setelah diselenggarakannya kegiatan ektrakurikuler jurnalistik dengan pengelolaan yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Ekstrakurikuler; Jurnalistik; Minat Baca
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 028 Reading, use of other information media
000 Computer science, information, general works > 070 News media, journalism, publishing
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 28 Nov 2022 03:44
Last Modified: 28 Nov 2022 03:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18086

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics